Piala Asia: Indonesia Menyerah 1-3 dari Irak

Piala Asia: Indonesia Menyerah 1-3 dari Irak

QATAR – Timnas Indonesia menyerah 1-3 dari Irak dalam pertandingan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam.

Dengan hasil ini, Indonesia menduduki peringkat empat grup D Piala Asia di bawah Jepang, Irak, dan Vietnam. Jepang dan Irak sama-sama mendulang 3 poin. Jepang sebelumnya mengalahkan Vietnam 4-2.

Irak mencetak gol ketiga Aymen Hussein pada menit ke-75. Gol berawal dari umpan lambung yang dilepaskan dari sisi lini pertahanan Indonesia. Bek Rizky Ridho yang kalah bodi dari Aymen, sedikit terdorong ketika sama-sama menyundul bola. Bola akhirnya jatuh di kaki Aymen yang langsung menendang ke gawang Indonesia.

Sebelumnya, gol kedua Irak dicetak oleh Osama Rashid pada menit ke-45+7. Gol tercipta lewat serangan dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Bola yang dilepaskan pemain Irak memang berhasil dihalau kiper Ernando Ari Sutaryadi. Namun, bola tepat mengarah ke Osama yang langsung melesakkan bola ke gawang.

Wasit sempat berkomunikasi dengan ofisial sebelum melanjutkan pertandingan. Pasalnya, sebelum gol tersebut, pemain Irak menjebak offside. Namun pada akhirnya, wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Sebelumnya, Indonesia menyamakan kedudukan 1-1 setelah Marselino Ferdinan mencetak gol ke gawang Irak pada menit ke-37.

Gol Marselino Ferdinan tercipta lewat aksi brilian pemain sayap kanan Yakob Sayuri yang melewati beberapa pemain Irak. Dari sisi kanan lapangan lawan, Yakob memberikan umpan silang ke Marselino. Pemain berusia 19 tahun ini pun tanpa kesulitan menaklukkan kiper Irak.

Gol tersebut menyamakan kedudukan setelah sebelumnya pemain Irak Mohanad Ali mencetak gol ke gawang yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi pada menit ke-17.

Irak sudah mengancam saat pertandingan berjalan dua menit. Elkan Baggott langsung mendapat kartu kuning karena melanggar pemain Irak.

Indonesia sempat mendapat peluang emas lewat Marselino. Namun, bola sepakannya masih membentur tiang.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menampilkan Rafael Struick dan Justin Hubner sebagai starter pada laga laga pertama Piala Asia 2023.

Menghadapi Irak dalam pertandingan pertama Grup D Piala Asia 2023, Struick menjadi andalan di lini depan, sedangkan Hubner di sektor tengah. Laga timnas Indonesia vs Irak tersebut bakal digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar.

Irak akan menjadi lawan pertama bagi Indonesia di babak grup Piala Asia 2023 yang digelar 2024 ini. Dua bulan lalu, Irak mengalahkan Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bagi Indonesia, ini merupakan penampilan perdana di Piala Asia setelah absen 16 tahun. Indonesia terakhir kali tampil di putaran final Piala Asia pada 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Pada Piala Asia 2023 ini, Indonesia bergabung dengan Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak.

Susunan pemain timnas Indonesia vs Irak Indonesia (3-4-3): 21-Ernando Ari Sutaryadi (PG); 5-Rizky Ridho Ramadhani, 4-Jordi Amat, 3-Elkan Baggott; 14-Asnawi Mangkualam, 24-Ivar Jenner, 25-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan; 2-Yakob Sayuri, 11-Rafael Struick, 7-Marselino Ferdinan

Cadangan: 1-Muhammad Riyandi (PG), 6-Sandy Walsh, 8-Witan Sulaeman, 9-Dimas Drajad, 10-Egy Maulana Vikri, 13-Edo Febriansyah, 15-Ricky Kambuaya, 16-Hokky Caraka, 17-Adam Alis, 19-Wahyu Prasetyo, 23-Marc Klok, 26-Nadeo Argawinata

Berita Lainnya

Index