Tinjau Banjir di Riau, Kepala BNPB Sebut Ribuan Warga Masih Mengungsi

Tinjau Banjir di Riau, Kepala BNPB Sebut Ribuan Warga Masih Mengungsi

PEKANBARU - Kelapa Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto, meninjau langsung lokasi banjir di Provinsi Riau, Kamis (18/1/2024). Pada kesempatan tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution juga turut mendampingi.

Suharyanto mengatakan ada 10 kabupaten/kota di Riau yang mengalami banjir besar. Terhadap kondisi itu Provinsi Riau pun telah menyatakan status tanggap darurat dan siaga darurat.

"Sehingga kewajiban pemerintah pusat harus hadir. Dan tadi kita sudah meninjau di tiga wilayah, Pelalawan, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru," ujar Suharyanto.

Menurutnya, banjir yang terjadi di wilayah Riau memang disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan hingga kini masih ada masyarakat yang tinggal di pengungsian.

"Per hari ini, sudah seminggu ini masih banyak masyarakat yang terkena banjir. Bahkan masih ada ribuan warga yang mengungsi dari tiga kabupaten/kota. Dan masih ada 7 kabupaten lagi yang akan kita tinjau juga," katanya.

Dirinya menilai, penanganan banjir yang dilakukan oleh pemerintah daerah cukup baik. Baik penanganan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.

"Kebutuhan pengungsi ini rata-rata sudah terpenuhi dan tentu saja pemerintah pusat mau menambah, memperkuat," ucapnya.

Di sisi lain, dirinya juga menilai masyarakat terdampak banjir tidak ada yang menderita berlebihan. Bahkan dirinya bersama warga yang terdampak banjir masih ketawa riang.

"Tadi kami sempat berdialog dengan masyarakat, walaupun di tengah bencana tidak ada yang menderita berlebihan lah. Alhamdulillah itu juga merupakan pertanda yang baik," sebutnya.

Dirinya juga meyakinkan, dengan kerjasama pemerintah kabupaten/kota dan provinsi, kebutuhan dasar pengungsi dipastikan betul-betul terjamin dengan baik.

Bahkan dari legislatif, DPR juga turun langsung untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir.

"Kita bahu membahu, dari pemerintah pusat, daerah, legislatif, eksekutif. Dan besok kami akan melakukan rapat koordinasi untuk menentukan langkah-langkah apa kedepan di jangka menengah dan panjang," pungkasnya.

Dari pantauan Cakaplah.com, Kepala BNPB Suharyanto, melakukan peninjauan ke lokasi banjir di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Dalam peninjauan itu, BNPB juga memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir.

Berita Lainnya

Index