Debat Cawapres, Cak Imin dan Mahfud MD Kompak Serang Food Estate

Debat Cawapres, Cak Imin dan Mahfud MD Kompak Serang Food Estate

CELOTEHRIAU - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md kompak serang program Food Estate. Hal ini mereka sampaikan dalam menyampaikan visi misi di acara debat keempat pilpres 2024.

Cak Imin kembali mengkritik program Food Estate dengan menyatakan prihatin dengan kondisi pengadaan pangan di Indonesia saat ini, sebab malah dilakukan melalui Food Estate.

"Di sisi lain kita sangat prihatin upaya pengadaan pangan nasional diadakan melalui food estaste," ujarnya dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Sementara Mahfud Md menilai food estate tidak menjaga kelestarian lingkungan dan menimbulkan kerugian.

Dia tidak melihat pemerintah dalam melakukan langkah-langkah menjaga kelestarian lingkungan, seperti program petani di laut jaya dan nelayan sejahtera.

"Tetapi saya tidak melihat pemerintah melakukan langkah-langkah apa sih yang diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan alam kita. Kita punya program petani, bank bertani di laut jaya, nelayan sejahtera. Jangan misalnya seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan. Yang bener aja rugi dong kita," tutur Mahfud.

Pernyataan itu langsung dibantah Gibran. Meski mengakui ada yang gagal, namun Wali Kota Solo ini menyebut ada juga food estate yang berhasil. Salah satunya ada di Gunung Mas Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Jangan kita berikan narasi menakutkan kepada warga, intinya adalah program-program yang sudah berjalan sekarang, nomor 1 dan 3 ini kan kompak Food Estate gagal. Saya tegaskan lagi pak, memang ada yang gagal, tapi ada yang berhasil juga yang sudah panen, misal di Gunung Mas Kalteng itu sudah panen jagung dan singkong, cek saya ininya, datanya" ujar Gibran dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Sebagai informasi Food Estate yang kini sedang berjalan antara lain di Humbang Hasundutan di Sumatera Utara, Food Estate di Kalimantan Tengah, dan Food Estate di Jawa Tengah.

Berita Lainnya

Index