Debat Capres Terakhir, Ganjar: Kesehatan Masyarakat Jadi yang Utama

Debat Capres Terakhir, Ganjar: Kesehatan Masyarakat Jadi yang Utama

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan kondisi kesehatan masyarakat menjadi perhatian dari pembangunan yang dicanangkannya bersama Mahfud MD. Hal ini diungkapkan Ganjar dalam debat capres, di JCC Senayan, Jakarta, Ahad (4/2/2024).

"Kita punya kepribadian dalam kebudayaan dan itu harus masuk di dalam jiwa insan Indonesia. Tentu saja, kesehatan menjadi yang pertama," kata Ganjar dalam debat capres.

Ganjar menyebut pembangunan fasilitas kesehatan yang dapat dijangkau masyarakat menjadi kebutuhan rakyat Indonesia. Di samping itu, tindakan preventif juga diperlukan.

"Preventif adalah sesuatu yang paling bagus. Kita olahraga, makan sehat, dan itu akan membantu politik kesehatan kita, akan lebih baik. Tentu saja akses kesehatan, yang diperlukan di setiap desa," kata Ganjar dalam debat capres.

Ia menawarkan program satu desa, satu faskes, satu nakes untuk memperbaiki aspek kesehatan di Indonesia.

"Kenapa Ganjar-Mahfud membuat satu desa, satu faskes (fasilitas kesehatan), satu nakes (tenaga kesehatan) karena kami ingin mereka mendapatkan yang terbaik. Dan kemudian, ibu, anak, lansia, disabilitas, dan masyarakat adat akan mendapatkan peran yang sama di dalam layanan-layanan kesehatan. Di daerah-daerah terisolir, mereka membutuhkan akses ini dengan sangat bagus," ungkapnya.

Diketahui, tema debat kelima Pilpres 2024 yang merupakan debat capres malam ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Berita Lainnya

Index