Jelang Masa Tenang Pemilu 2024, Pemko Pekanbaru Minta Parpol Tertibkan APK

Jelang Masa Tenang Pemilu 2024, Pemko Pekanbaru Minta Parpol Tertibkan APK

PEKANBARU - Jelang berakhir masa kampanye, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meminta partai politik (Parpol) agar menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang telah dipasang.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, pada masa tenang Pemilu 2024, semua APK harus ditertibkan. Untuk itu, Parpol dan calon legislatif (Caleg) agar menertibkan APK mereka masing-masing.

Untuk penertiban itu, Pemko Pekanbaru pun sudah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait di antaranya KPU dan Bawaslu. Mereka membahas terkait penertiban APK caleg dan parpol pada masa tenang.

Sekda menyebut, Pemko Pekanbaru memberikan dukungan terhadap Bawaslu dalam penertiban APK di wilayah Kota Bertuah. Selain amanat undang-undang, hal ini juga dilakukan agar masyarakat Kota Pekanbaru merasa tenang jelang pemilu 2024.

"Kami membahas terkait penertiban APK pada masa Pemilu 2024. Pemko Pekanbaru siap memberikan dukungan terhadap bawaslu dalam melakukan penertiban," ujar Indra, Jumat (09/02/2024).

Pasalnya, masa tenang pada Pemilu mulai pada Ahad 11 Februari lusa sampai tanggal 13 Februari. "Kami meminta kepada partai politik untuk berpartisipasi lebih dulu menurunkan APK yang ada. Minimal mereka buka dulu APK milik partainya. Silahkan dibuka atau diturunkan, nanti akan kita telusuri lagi sisanya," pintanya.

Dalam undang-undang dan peraturan KPU, penertiban pembersihan alat peraga kampanye merupakan salah satu kewajiban dari peserta pemilu, termasuk partai politik dan harus dibersihkan paling lambat 1 hari menjelang hari pencoblosan.

Untuk menertibkan itu, pihaknya akan bekerjasama dengan KPU, Bawaslu, Kesbangpol, Satpol PP, serta seluruh partai politik yang ada di Kota Pekanbaru.

"Menurut aturan, alat peraga kampanye itu harus diturunkan paling lambat 1 hari menjelang hari pencoblosan. Berarti itu ditanggal 13 Februari. Masa tenang itu ditanggal 11 sampai 13 Februari," sebutnya.

Nantinya kata Indra, pihaknya akan menurunkan APK baik dari KPU, bawaslu, kesbangpol, Satpol PP, termasuk juga seluruh partai politik. Menurutnya, untuk kesuksesan Pemilu 2024 ini, maka semua elemen yang ada di Kota Pekanbaru harus mendukung.

Berita Lainnya

Index