Hari Kedua Masa Tenang, Masih Banyak APK Bertebaran di Jalan Protokol Pekanbaru

Hari Kedua Masa Tenang, Masih Banyak APK Bertebaran di Jalan Protokol Pekanbaru

PEKANBARU - Hari kedua masa tenang Pemilu 2024, sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) masih banyak bertebaran di Jalan Protokol Kota Pekanbaru.

Kondisi ini terlihat di Jalan Kaharuddin Nasution, Jenderal Sudirman, HR Soebrantas, Riau, Soekarno-hatta, Tuanku Tambusai, Suka Karya, Cipta Karya, Delima dan beberapa jalan dalam Kota Pekanbaru.

Alat peraga kampanye para caleg dan bahkan calon presiden masih tampak berdiri di pinggir jalan. Bahkan masih ada iklan para caleg yang tayang menggunakan tiang reklame resmi.

Tak hanya satu atau dua APK saja yang terpajang di pinggir jalan. Namun ada banyak APK juga yang belum tersentuh atau ditertibkan oleh petugas.

Hal ini juga terlihat di Jalan Kaharuddin Nasution simpang Tengku Bey. Tepat di persimpangan itu, masih terpajang APK caleg hingga calon presiden. Bahkan juga ada bendera partai yang berdiri di situ.

Menanggapi hal itu, Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, pihaknya dalam dua hari kedepan masih akan melakukan penertiban APK. Ia menyebut, penertiban APK itu sudah dimulai sejak Minggu kemarin di jalan-jalan protokol.

"Kemarin kita sudah mulai tertibkan APK di jalan-jalan protokol terutama Jalan Jenderal Sudirman, Arifin Achmad. Sementara untuk jalan-jalan di lingkungan masyarakat itu akan diterbitkan oleh panwascam bersama satlinmas," ujar Zulfahmi, Senin (12/2/2024).

Pihaknya akan membagi dua tim bersama Bawaslu, Satpol PP Provinsi Riau dan Dinas Perhubungan, terkait untuk melakukan penertiban tersebut. Pihaknya akan melakukan penyisiran terhadap APK yang masih tayang terutama di ruas jalan protokol.

"Kita akan sisir sisa APK yang belum ditertibkan, terutama yang billboard, karena ini tidak bisa dibongkar dengan orang biasa saja, tapi harus menggunakan tenaga ahli," ucapnya.

Berita Lainnya

Index