KPU: Situs Web Kami Sudah Terkena Ratusan Juta Serangan

KPU: Situs Web Kami Sudah Terkena Ratusan Juta Serangan

JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos mengungkapkan banyak serangan ke situs web kpu.go.id. Berdasarkan data, kata Betty, situs web kpu.go.id sudah mendapatkan ratusan juta serangan di denial of service (DOS).

"Jadi bentuk serangan ke website KPU sudah terjadi dan ini luar biasa jumlahnya, ada ratusan juta di DOS itu menyerang. Saya tidak bilang puluhan, bukan satuan, tetapi ratusan juta serangan ke website KPU. Luar biasa," ujar Betty di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024) malam.

Padahal, kata Betty, situs web KPU hanya berisikan informasi dan data sementara hasil pemilu. Pasalnya, hasil resmi pemilu tetap merujuk pada rekapitulasi berjenjang.

"Padahal website itu kan berisikan informasi, data, bukan hasil. Kalau hasil kan di Info Pemilu, hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang dan memang di website kpu.go.id ini lumayan, serangan terhadap website tersebut," tandas dia.

Lebih lanjut, Betty mengatakan, satgas keamanan siber KPU telah siaga dan terus berupaya menangani serangan-serangan tersebut. Hingga saat ini, kata dia, situs web KPU sudah pulih kembali.

"Satgas keamanan siber pun sudah standby. Saya sendiri dari pagi setelah nyoblos, saya langsung cross check, kerja teman-teman luar biasa untuk menangani ini. Alhamdulillah hari ini sekarang sudah mulai recovery untuk website kpu.go.id. Jadi mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU," pungkas Betty.

Berita Lainnya

Index