Ratusan Kilometer Jalan di Pekanbaru Rusak dan Berlubang

Ratusan Kilometer Jalan di Pekanbaru Rusak dan Berlubang

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tetap memberikan perhatian khusus untuk peningkatan infrastruktur di Kota Bertuah. Pasalnya, ada sekitar 300 kilometer jalan rusak di Kota Pekanbaru.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, banyak ruas jalan yang sudah mengalami penurunan kualitas, baik kerusakan ringan, sedang dan kerusakan parah. Kondisi itu sudah menjadi keluhan masyarakat Kota Pekanbaru bertahun-tahun.

"Jalan banyak yang berlubang, hampir 300 kilometer lebih, rusak berat, rusak sedang, rusak ringan," ujar Muflihun, Senin (19/2/2024).

Dirinya bahkan merasa sedih lantaran banyaknya jalan di Kota Pekanbaru dalam kondisi rusak. Masyarakat juga sudah banyak yang berkeluh kesah dengan kondisi tersebut.

"Kita sedih sama masyarakat, pak pj jalan kami rusak, jalan kami berlubang, ada yang jatuh. Tetapi mana upaya kita bersama, jangan hanya mengadu-mengadu saja, tetapi berbuat kita tidak ada sama sekali. Kita harus cerdas dalam menentukan, mau kemana kita arahkan kota tempat tinggal kita ini. Apa kita tidak sedih seperti ini, saat hujan banjir, jalan rusak parah," tegasnya.

Menurutnya, Pemko Pekanbaru sangat memahami kondisi tersebut. Pemko Pekanbaru juga ingin menyelesaikan persoalan kerusakan jalan secepatnya.

Hanya saja kata Muflihun, bahwa pemko tidak dapat melaksanakan peningkatkan infrastruktur jalan sekaligus. Hal itu lantaran keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemko Pekanbaru.

"Uang kota tidak ada, harus minta ke pemerintah pusat, ini fakta," ucapnya.

Muflihun menyebut, sebagai upaya Pemko Pekanbaru dalam peningkatan kualitas infrastruktur jalan di Pekanbaru, pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), telah memetakan sejulah ruas jalan yang akan dilakukan pemeliharaan secara berkala pada tahun ini.

Ada sekitar 8 ruas jalan yang akan dilakukan overlay oleh Pemko Pekanbaru dengan sumber dana APBD Kota Pekanbaru tahun 2024. Ruas jalan yang akan diperbaiki adalah jalan-jalan yang memang mengalami rusak parah.

Delapan ruas jalan yang akan diperbaiki Pemko Pekanbaru tahun ini di antaranya, Jalan Padat Karya, Kulim, Taman Karya, Purwodadi, Bangau Sakti, Dharma Bakti, Jalan Sri Indra, dan Jalan Am 1, Am 2.

Berita Lainnya

Index