Gol Telat Alex Iwobi Tumbangkan Manchester United di Old Trafford

Gol Telat Alex Iwobi Tumbangkan Manchester United di Old Trafford

CELOTEHRIAU - Manchester United (MU) menelan kekalahan 1-2 saat bertemu Fulham di kandang mereka Stadion Old Trafford  dalam lanjutan Liga Inggris atau Premier League, Sabtu (24/2/2024).

Fulham unggul berkat gol yang dicetak Calvin Bassey dan Alex Iwobi. MU sempat menyamakan kedudukan melalui aksi Harry Maguire,

Kekalahan ini membuat MU gagal memperbaiki posisi dan tetap terpaku di urutan keenam dengan 44 poin. Sementara Fulham kini bertengger di urutan ke-12 dengan koleksi 32 poin. 

MU mengandalkan Marcus Rashford sebagai penyerang tunggal saat bertemu tamunya Fulham dalam pertandingan ini. Dia menjadi striker tunggal Setan Merah, julukan MU, disokong tiga pemain Omari Forson, Bruno Fernandes, dan Alejandro Garnacho.

Gelandang Casemiro dan  Kobbie Mainoo akan berduet di depan empat bek yang diisi Diogo Dalot, Raphael Varane, Harry Maguire, dan Victor Lindelof, Keempat pemain di barisan belakang ini akan mengawal penjaga gawang, Andre Onana.

Sementara di kubu Fulham, pelatih Marco Silva juga mengusung formasi 4-2-3-1. Dia menempatkan Rodrigo Muniz sebagai penyerang tunggal di lini depan.

Pemain asal Brasil ini didukung tiga pemain, yakni Alez Iwobi, Andrea Pereira, dan Harry Wilson. Sasa Lukic dan Harrison Reed berduet di barisan tengah.

Silva memercayakan lini belakangnya kepada Antonee Robinson, Calvin Basey, Tosin Adarabioyo, dan Timothy Castagne. Posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Bernd Lino.

Tim tamu membuat peluang berbahaya ketika pada menit ke-21, striker Rodrigo Muniz melepaskan sundulan tepat ke gawang lawan. Beruntung kiper Andre Onana berada dalam posisi yang tepat untuk menyelamatkan gawangnya. 

Beberapa saat sebelumnya, Fulham juga membuat peluang yang membahayakan gawang MU. Umpan silang yang dikirim Alex Iwobi berhasil menemui rekannya. Sodoran ini kemudian disambut Sasa Lukic. Namun, tendangannya berhasil diblok lawan.

Empat menit kemudian Fulham harus mendapat kartu kuning setelah Tosin Adarabioyo melanggar Alejandro Garnacho. Dia terpaksa melakukan ini agar lini pertahanan mereka aman dari serbuan para pemain tuan rumah.      

Pada menit ke-36 giliran pemain Manchester United yang diganjar kartu kuning. Bek tuan rumah Harry Maguire mendapat kartu kuning karena berupaya menghentikan Sasa Lukic dengan cara kasar.

Sasa Lukic kemudian harus dirawat di luar lapangan akibat cedera yang didapat dalam pelanggaran ini. Namun, pemain asal Serbia ini kemudian bisa melanjutkan pertandingan.

Fulham harus menerima kartu kuning kedua dalam pertandingan setelah Andreas Pereira melakukan tindakan kasar. 

Beberapa saat kemudian, pemain muda MU Omari Forson diblok pemain lawan. Ini merupakan penampilan ketiga pemain berusia 19 tahun untuk Setan Merah. Dia melakukan debut di tim utama dalam kemenangan tandang 2-0 melawan Wigan di Piala FA 2023-24. 

Pemain berkebangsaan Inggris ini kemudian melakukan debutnya di Premier League sebagai pemain pengganti dalam kemenangan tandang 4-3 melawan Wolnerhampton Wanderers. Dalam laga ini dia mencatatkan assist untuk gol penentu kemenangan Kobbie Mainoo.

Skor imbang tanpa gol ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua kedua tim tak melakukan pergantian pemain. Namun, MU terpaksa menarik gelandang Casemiro yang mengalami cedera saat berduel dengan Harrison Reed. 

Pemain tengah asal Brasil itu akhirnya digantikan Scott McTominay pada menit ke-53. Reed juga harus dibawa keluar lapangan untuk mendapat perawatan. Namun, dia kemudian bisa melanjutkan pertandangan.

Beberapa saat kemudian, MU juga melakukan pergantian pemain. Omari Forson harus keluar lapangan dan digantikan Christian Eriksen.

Fulham memiliki peluang ketika pada menit ke-60, Muniz berhasil melepaskan tendangan memanfaatkan umpan silang Iwobi. Namun, tendangan Muniz berhasil diblok Harry Maguire.

Pada menit ke-65, Fulham berhasil melepaskan umpan ke kotak gawang lawannya. Namun, kiper Andre Onana menyelatkan gawangnnya dengan mencegah bola umpan itu dimanfaatkan pemain Fulham.

Beberapa saat kemudian, Fulham berhasil melesakkan gol yang membawa mereka unggul. Castagne melepaskan umpan yang kemudian sukses dimanfaatkan Calvin Bassey menjadi gol, Tendangan pertamanya berhasil diblok, tetapi Bassey tak mau menyia-nyiakan tendangan kedua yang dia lakukan.  

Pada menit ke-68, Fulham melakukan pergantian pemain. Marco Silva menarik keluar Andreas Pereira dan menggantikannya dengan Tom Cairney.

Pada menit ke-73, MU mendapatkan peluang. Marcus Rashford melepaskan tendangan tepat ke gawang lawan. Namun, upayanya gagal setelah kiper Bernd Leno menyelamatkan gawang Fulham.

Pada menit ke-80, MU seharusnya bisa menyamakan kedudukan. Bek Harry Maguire berhasil menyundul bola umpan se[ak pojok yang dikirim Christian Eriksen. Namun, tandukkan Maguire melebar dari sasaran.

Kedua tim selanjutnya melakukan pergantian pemain. Di kubu MU, Kobbie Mainoo haris meninggalkan lapangan karena digantikan Amad Diallo. Fulham juga melakukan hal serupa saat Harry Wilson digantikan Issa Diop.

MU akhirnya mampu menyamakan skor pada menit ke-89. Gol dilesakkan Harry Maguire. Ini adalah penyelesaian yang mudah bagi pemain belakang ini. Dia berhasil memasukkan bola ke gawang yang terbuka dengan kaki kiri.

Wasit sempat meminta bantuan VAR untuk memastikan gol ini. Dia kemudian mengesahkan gol yang dicetak Maguire. Pada menit ke-90, kiper Fulham Bernd Leno mendapat kartu kuning karena memprotes wasit. 

MU kemudian terus berusaha menjebol gawang lawan. Namun, Fulham justru yang berhasil mencetak gol yang membawa mereka unggul 2-1. 

Gol dilesakkan Alex Iwobi pada menit ke-90+7. Dia berhasil membawa timnya unggul setelah memanfaatkan umpan Adama Traore. Skor 2-1 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga pertandingan usai.

Berita Lainnya

Index