Jelang Ramadan, Terjadi Lonjakan Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru

Jelang Ramadan, Terjadi Lonjakan Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru

PEKANBARU - Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mengalami lonjakan penumpang jelang long weekend Hari Raya Nyepi dan menyambut awal Ramadan.

Tercatat pada hari Jumat (8/3/2024) sebanyak 9.297 penumpang dengan 63 penerbangan melakukan perjalanan melalui bandara kebanggaan masyarakat Riau ini.

Radityo Ari Purwoko selaku EGM Bandara SSK II Pekanbaru mengatakan lonjakan penumpang ini terjadi karena adanya kegiatan ziarah kubur menjelang Ramadan dan juga momen long weekend yang bertepatan dengan Hari Suci Nyepi.

"Sehingga ini dimanfaatkan masyarakat untuk pulang pergi dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru," ujar Oki sapaan akrabnya, Sabtu (9/3/2024).

Ia mengatakan puncak balik long weekend ini diprediksi akan terjadi Selasa (12/3/2024). "Dengan perkiraan mencapai 9.500 penumpang di hari itu," Cakapnya.

Lanjut Oki, pada periode long weekend ini Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sudah melalukan langkah-langkah persiapan dalam menghadapi lonjakan penumpang yang mungkin terjadi.

"Seperti melakukan pengecekan fasilitas runway, taxiway, apron, terminal, & area parkir berfungsi dan beroperasi dengan baik. Kemudian melakukan penebalan keamanan bandara khususnya di area terminal dan juga melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh stakehokder terkait," sebutnya.

"Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru juga sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2024 dengan menyiapkan posko angkutan lebaran yang akan dimulai H-10 sampai dengan H+10," imbuhnya.

Berita Lainnya

Index