Laga Liverpool vs Man City Berakhir Imbang

Laga Liverpool vs Man City Berakhir Imbang

INGGRIS - Liverpool bermain imbang 1-1 saat menjamu Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Ahaf (10/3/20204).

Man City sempat unggul lebih dahulu babak sebelum jeda ini berkat gol John Stones. Namun, pasukan Jurgen Klopp menyamakan skor berkat penalti Alexis Mac Allister.  

Hasil ini membuat Liverpool harus merelakan posisi pemimpin klasemen Liga Inggris kepada Arsenal yang sehari sebelumnya mengalahkan Brentford 2-1.

Poin Liverpool memang sama dengan Arsenal yakni 64, tetapi keduanya dipisahkan selisih gol.

Sementara Man City menempati posisi ketiga dengan raihan 63 poin. Aston Villa masih berada di urutan keempat dengan 55 poin meski dalam laga sebelumnya ditundukkan tim tamu Tottenham Hotspur, 0-4.

Pertandingan ini akan sangat menentukan posisi Liverpool dan Man City. Tim yang berhasil keluar sebagai pemenang akan menjadi menjadi pemimpin klasemen. Namun. kedua tim hanya bermain imbang.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menusung formasi 4-3-3 dalam pertandingan ini. Dia menampilkan Harvey Elliot, Darwin Nunez, dan Luis Diaz di barisan penyerang.

Trio pemain ini disokong Wataru Endo, Dominik Szoboszlai, dan Alison Mac Allister. Lini belakang dipercayakan kepada Conor Bradley, Jarell Quansah, Sergio van Dijk, dsn Joe Gomes. Mereka mengawal kiper Coimhin Kelleher.

Di kubu tim tamu, pelatih Pep Guardiola memasang pola 3-2-4-1. Erling Haaland menjadi penyerang tunggal di brisan depan. Dia disukung empat pemain  Bernardo Silva, Julian Alvarez, Kevin De Bruyne, dan Phil Foden.

John Stones dan Rodri berduet di lini tengah. Lini belakang dipercayakan kepada Nathan Ake, Manuel Akanji, Kyle Walker. Mereka mengawal penjaga gawang Ederson.

Liverpool terus mengurung Man City sejak awal babak pertama. Darwin Nunez beberapa kali mengancam pertahanan tim tamu. 

Bek Kyle Walker harus menjatuhkan dengan keras gelandang Dominik Szobozslai  untuk menghentikan aliran bola tuan rumah.

Tuan rumah sebenarnya berhasil menjebol gawang Man City pada menit ke-18. Namun, gol yang dilesakkan Luis Diaz yang memanfaatkan operan Darwin Nunez ini dianulir lantaran terjadi offside sebelumnya.

Pada menit ke-22 giliran Man City yang mendapat peluang. Bernardo Silva berhasil melepaskan umpan ke depan gawang, tetapi berhasil disundul keluar lapangan oleh Virgil van Dijk.

Sepak pojok yang dihasilkan Man City inilah yang menjadi awal terjadinya gol. Tendangan sudut yang dieksekusi Kevin De Bruyne kemudian disambut John Stones yang berada depan gawang dengan kaki kanan. Bola kemudian bersarang di gawang Liverpool.

Menit ke-30, Liverpool nyaris menyamakan kedudukan. Szoboszlai yang sudah ada di depan gawang Ederson dan tak terkawal berhasil menyundul bola umpan Hervey Elliot. Namun tandukan Szoboszlai melenceng dari sasaran.  

Menit ke-36, De Bruyne berhasil merangsek pertahanan Liverpool. Dengan kaki kiri dia melepaskan tendangan keras. Namun, bola membentur pemain Liverpool dan keluar lapangan.

Di pengujung babak pertama, Man City memiliki peluang. Kyle Walker berhasil membawa bola dari sisi kanan. Namun, De Bryune gagal menjangkau bola umpannya meski sudah menjatuhkan diri. Rodri diganjar kartu kuning karena menjatuhkan Szoboszlai untuk menghentikannya. Skor 1-0 untuk Man City bertahan hingga babak pertama usai.

Liverpool mendapat hadiah penalti setelah kiper Man City Ederson menendang kaki Darwin Nunez hingga terjatuh di kotak terlarang. Enderdon sempat harus mendapat perawatan akibat bertabrakan dengan penyerang asal Uruguay tersebut.

Pemain yang ikut membawa Argentina menjadi juara dunia pada 2022, Alison Mac Allister, tampil sebagai algojo. Arah tembakannya bisa ditebak Ederson, tetapi bola mengalir terlalu deras sehingga membuat skor menjadi 1-1. 

Man City kemudian harus mengganti kiper Ederson karena cedera. Sebagai penggantinya, Guardiola memasukkan Stefan Ortega. 

Man City sebenarnya mendapat peluang emas pada menit ke-57. Phil Foden berhasil merangsek ke pertahanan. Namun, tendangannya diblok kiper Kelleher.

Beberapa saat kemudian giliran Liverpool yang mengancam gawang Man City. Wataru Nedo memberikan umpan kepada Luis Diaz. Namun, Ortega bergerak lebhh cepat mengagalkan kesempatan yang didapat pemain asal Kolombia ini. 

Wasit kemudian mengganjar Bernardo Silva dengan kartu kuning karena pelanggaran yang dilakukannya kepada Wataru Endo.

Menit ke-62, Luis Diaz seharusnya menghasilkan gol. Setelah mendapat umpan dari Mohamed Salah yang menggantikan Szoboszlai. Namun, bola placing yang ditendang Diaz melenceng dari sasaran. 

Tak lama kemudian, Diaz kembali mengancam. Namun, tendangannnya berhasil digagalkan Ortega dan menghasilkan sepak pojok. 

Liverpool kembali membuat peluang dan hampir menjebol gawang lawan. Namun, umpan Andy Robertson dari sisi kiri tak mampu dijangkau Darwin Nunez. 

Menit ke-75, giliran Man City yang mendapat peluang. Phil Foden berhasil merangsek pertahanan lawan, gagal memanfaatkannya.  

Menit ke-88, Man City kembali membuat peluang. Jeremy Doku berhasil merangsek dari sisi sisi kiri. Namun, tendangannya membentur tiang gawang. Tak berapa lama, Liverpool juga mendapat peluang. Kali ini Salah mampu melepaskan tendangan tepat ke gawang, tetapi diamankan Ortega. 

Liverpool sebenarnya sukses menjebol gawang Man City di pengujung laga. Namun, gol ini dianggap tidak sah karena Salah dianggap offside lebih dahulu. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Berita Lainnya

Index