Pj Gubernur Harap Stunting Riau Turun jadi 14 Persen di 2024

Pj Gubernur Harap Stunting Riau Turun jadi 14 Persen di 2024

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Riau segera menggesa program penurunan stunting di kabupaten kota se-Riau.

Pasalnya, saat ini angka stunting di Bumi Lancang Kuning berada di angka 17 persen, dan diharapkan tahun ini stunting dapat turun menjadi 14 persen.

"Kita minta ini penurunan stunting ini harus menjadi perhatian OPD terkait, karena penurunan stunting ini merupakan program prioritas nasional," ujar Pj Gubri, Selasa (12/3/2024).

Untuk mengetahui sejauh mana program penurunan stunting yang dilakukan, Pj Gubri meminta OPD terkait menyiapkan data-data penangan stunting.

"Kita minta data-datanya, karena sekarang angka stunting di Riau masih 17 persen. Kita berharap tahun ini bisa turun 14 persen. Dari data itu, kita akan rumuskan pola dan cara yang harus dilakukan untuk penurunan angka stunting," sebutnya.

"Kita berharap persoalan stunting di Provinsi Riau dapat diselesaikan. Karena itu kita perlu melakukan upaya-upaya agar stunting dapat diteken, termasuk upaya pencegahannya harus dipikirkan," imbuhnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, prevalensi stunting di Provinsi Riau adalah 17 persen, lebih baik dibanding tahun 2021 sebesar 22,3 persen.

Dimana angka stunting di Riau pada tahun 2022 turun sebesar 5,3 persen. Sementara angka stunting ditargetkan turun menjadi 14 persen pada akhir 2024.

Berita Lainnya

Index