Libur Panjang Akhir Pekan, 56.403 Kendaraan Lintasi Tol Permai dan Pekbang

Libur Panjang Akhir Pekan, 56.403 Kendaraan Lintasi Tol Permai dan Pekbang

PEKANBARU - Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang), Provinsi Riau selama libur panjang akhir pekan mengalami peningkatan. Total ada 56.403 kendaraan yang melintasi kedua jalan bebas hambatan itu.

Berdasarkan data yang dirilis Hutama Karya, terhitung sejak tanggal 28 hingga 30 Maret 2024, pihaknya mencatat peningkatan trafik kendaraan yang masuk ke Tol Pekanbaru - Dumai sebesar 9.48 persen jika dibandingkan dengan hari biasanya.

"Ada peningkatan. Selama libur panjang akhir pekan, kami mencatat total kumulatif kendaraan yang melintas di tol Pekanbaru - Dumai mencapai 43.700 kendaraan," kata Branch Manager manajer Tol Pekanbaru - Dumai dan Pekanbaru - Bangkinang, PT Hutama Karya, Jarot Seno Wibawa, Ahad (31/03/2024).

Selain di tol Pekanbaru - Dumai, kenaikan jumlah kendaraan yang melintas selama libur panjang akhir pekan juga terjadi di ruas tol Pekanbaru - Bangkinang.

Terhitung sejak tanggal 28 hingga 30 Maret 2024, Hutama Karya mencatat peningkatan trafik kendaraan yang masuk ke Tol Pekanbaru-Bangkinang sebesar 6.5 persen jika dibandingkan dengan hari normal.

"Total kumulatif kendaraan yang melintas di tol Pekanbaru - Bangkinang selama libur panjang akhir pekan ini sebanyak 12.703 kendaraan," sebutnya.

Dalam mengawali rangkaian layanan operasional arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024, PT Hutama Karya telah menggelar Apel secara serentak di seluruh ruas tol pada, Kamis (28/03/2024 lalu.

Selain untuk memastikan kesiapan layanan operasional tol, dalam agenda apel tersebut dilakukan pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Lebaran 2024, pengecekan kendaraan siaga diantaranya yakni kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya.

Kemudian launching panduan mudik bertajuk, Trans Sumatera Ramadhan Guidebook 2024, serta penekanan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di jalan tol Hutama Karya.

Jarot menyebut, bahwa Hutama Karya berkomitmen untuk menyediakan pelayanan terbaik selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Kami memastikan kesiapan pelayanan dari segi operasional, fasilitas, maupun kebijakan agar pemudik dapat melintas di tol dengan nyaman,” katanya.

Untuk mencegah kemacetan di gerbang tol, Hutama Karya menambahkan alat mobile reader dan top-up asongan di gerbang tol serta menyediakan skema holding di rest area dan rekayasa lalu lintas.

Hutama Karya juga meluncurkan booklet panduan mudik bertajuk Trans Sumatera Ramadhan Guide Book 2024.

Panduan ini dapat diunduh secara digital atau dilihat di website resmi Hutama Karya dan dilengkapi dengan informasi penting seperti peta, fasilitas, lokasi rest area, info call center, himbauan berkendara, info wisata, hingga info tarif.

"Dengan sejumlah persiapan yang telah dilakukan, kami berharap arus mudik dan balik dapat berjalan dengan lancar dan aman serta para personil yang bertugas dapat memberikan pelayanan maksimal," katanya.

Berita Lainnya

Index