Cara Sederhana Cegah Mabuk dalam Perjalanan saat Mudik

Cara Sederhana Cegah Mabuk dalam Perjalanan saat Mudik

CELOTEHRIAU - Sebuah survei yang dilakukan oleh RAC telah menemukan bahwa satu dari lima orang mengalami mabuk perjalanan di Inggris. Hal ini menempatkan jutaan orang Inggris dalam situasi tidak nyaman saat bepergian.

Mabuk perjalanan dapat menyebabkan gejala seperti muntah, pusing, berkeringat, sakit kepala, dan ketidaknyamanan lainnya, yang dapat mengganggu pengalaman bepergian. Seorang pengawas apoteker di Chemist Click, Abbas Kanani berbagi empat tips sederhana untuk membantu mengusir mabuk perjalanan dengan cepat.

1. Singkirkan Makanan Drive-Thru

Membeli makan malam di drive-thru sebelum perjalanan mungkin terlihat menggoda, tetapi menyantap makanan berat sebelum bepergian dapat meningkatkan aktivitas lambung dan pencernaan, yang dapat menyebabkan perut lebih sensitif dan rentan terhadap mual selama perjalanan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan atau camilan ringan dan mudah dicerna.

"Aktivitas (lambung dan pencernaan) yang meningkat ini dapat membuat perut Anda lebih sensitif dan rentan mengalami mual atau rasa tidak nyaman selama perjalanan. Kombinasi gerakan perut akibat pencernaan dan gerakan kendaraan dapat memperparah rasa mual," kata Kanani, dilansir Express, Rabu (3/4/2024).

2. Pengobatan Alami

Jahe dan peppermint dapat membantu mengurangi rasa mual dan mabuk perjalanan. Jahe telah terbukti efektif dalam meningkatkan respons pencernaan dan mempercepat pengosongan lambung, sedangkan peppermint memiliki efek menenangkan pada otot perut. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh, permen, atau kapsul, serta mencoba minum teh peppermint atau menghisap permen peppermint.

3. Hindari Perangkat

Melihat layar atau membaca saat berada di dalam kendaraan yang bergerak dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Sebaliknya, fokuskan pandangan pada titik yang jauh seperti cakrawala atau objek stabil untuk membantu menyinkronkan informasi yang diterima oleh mata dan sistem vestibular, sehingga mengurangi konflik sensorik.

4. Napas Dalam-Dalam

Bernapas dalam-dalam dapat mengaktifkan respons relaksasi tubuh dan membantu melawan efek stres dan kecemasan yang dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Bernapas dalam-dalam dapat membantu mengurangi rasa mual, pusing, dan ketidaknyamanan dengan menimbulkan keadaan tenang.

Untuk kasus yang lebih ekstrem atau jika tidak ada yang berhasil, pengobatan mungkin menjadi pilihan terbaik. Hyoscine hydrobromide adalah salah satu pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mabuk perjalanan.

Berita Lainnya

Index