PPDB SMP Pekanbaru Dimulai Awal Juli, Jalur Pendaftaran Tetap Sama

PPDB SMP Pekanbaru Dimulai Awal Juli, Jalur Pendaftaran Tetap Sama

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memastikan jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri masih sama dengan tahun sebelumnya. Ada empat jalur pendaftaran yang dapat dilalui oleh masing-masing calon peserta.

Empat jalur tersebut yakni zonasi, afirmasi, pindahan, dan jalur prestasi.

Jalur zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang domisilinya dekat jaraknya dengan sekolah. Kemudian jalur afirmas khusus bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Sementara untuk jalur prestasi bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan non akademik. Sedangkan untuk jalur pindahan, yakni bagi orangtua yang pindah dari daerah lain ke Kota Pekanbaru.

"Belum ada perubahan dibandingkan dengan tahun lalu. Masih sama, ada empat jalur pendaftaran," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Minggu (21/4/2024).

Dikatakannya, para calon peserta didik bisa mulai mempersiapkan diri untuk melakukan pendaftaran. Menurutnya, kemungkinan pendaftaran akan mulai dibuka pada awal Juli mendatang.

Proses PPDB ini nantinya bakal tuntas sebelum memasuki tahun ajaran 2024/2025. Tahun ajaran baru diperkirakan bakal berlangsung pada pertengahan Juli 2024 mendatang.

Menurutnya, jadwal PPBD menyesuaikan tahun ajaran baru. Proses PPDB bergulir pada awal Juli sedangkan tahun ajaran baru dimulai pada pertengahan Juli.

"Masih ada waktu dua minggu untuk proses PPDB di sekolah, kan tahun ajaran baru di pertengahan. Jadi PPDB akan kita buka awal bulan," sebutnya.

Pihaknya belum memastikan daya tampung dari sekolah negeri yang ada di Kota Pekanbaru. Jamal mengaku sudah meminta sekolah untuk segera menyerahkan daya tampung SD dan SMP negeri.

"Kita mengingatkan agar seluruh sekolah bisa menyerahkan jumlah daya tampung, sehingga bisa kita umumkan daya tampung tiap sekolah," imbaunya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan sarana prasarana agar PPDB tahun ini bisa berjalan lancar. Mereka juga melakukan pengawasan ketat ke sekolah untuk antisipasi adanya pungutan liar yang memanfaatkan momen PPDB.

Berita Lainnya

Index