Tuntaskan Pembangunan Jalan di Daerah, Pemprov Rancang Program Multiyears

Tuntaskan Pembangunan Jalan di Daerah, Pemprov Rancang Program Multiyears

PEKANBARU - Penyelesaian masalah infrastruktur jalan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto telah menginstruksikan jajarannya segera membuat program multiyears untuk penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan provinsi di daerah.

Pasalnya, dalam lima tahun belakang Pemprov Riau tidak memiliki program multiyears untuk penyelesai perbaikan jalan provinsi. Sehingga, sampai saat ini kondisi jalan provinsi tidak ada kepastian kapan selesai dibangun.

"Saya sudah minta pak Sekda dan Dinas PUPR Riau untuk membuat program multiyears supaya ada kepastian penyelesaian pembangunan jalan provinsi," kata Pj Gubri, Selasa (23/04/2024).

Sebab, menurut Pj Gubri, jika pembangunan jalan provinsi dilakukan skala kecil, misalnya hanya 1 KM atau 2 KM, maka ini tidak akan menyelesaikan masalah.

"Seperti Jalan Sorek-Guntung, Jalan Dumai-Lubuk Gaung. Ini kalau dibungun 1 Km atau 2 Km besok rusak lagi. Dengan program multiyears maka jalan ini ada kepastian kapan selesai," sebutnya.

Pj Gubri mencontohkan, Jalan Sorek-Guntung ini dibuka saat ia masih tugas di Dinas PUPR Riau. Kondisinya hingga saat ini belum juga selesai dibangun.

"Jalan itu saat saya Kadis PU, saya yang buka badan jalannya, tapi sampai sekarang belum selesai. Makanya jalan ini perlu ada kepastian penyelesaiannya berapa tahun, dua tahun atau tiga tahun selesai jalannya," ujarnya.

"Kalau jalan-jalan ini selesai dibangun kan masyarakat senang, bisa menikmati. Kalau jalan bagus maka perekonomian masyarakat tumbuh," tambahnya.

Berita Lainnya

Index