Ada Empat Jalur Pendaftaran Dalam PPDB 2024 di Kota Pekanbaru

Ada Empat Jalur Pendaftaran Dalam PPDB 2024 di Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 di SMP Negeri Pekanbaru bakal berlangsung pada Juli 2024 mendatang. Jalur penerimaan dalam PPDB kali ini ada empat jalur.

Keempat jalur tersebut, yakni zonasi, afirmasi, prestasi hingga jalur pindah orangtua. Jalur zonasi, yakni jalur bagi calon peserta didik yang berdomisili dekat sekolah.

Jalur afirmasi bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi. Jalur prestasi bagi calon peserta didik yang punya prestasi akademik maupun non akademik.

"Ada juga jalur pindah orang, bagi orangtuanya yang pindah tugas ke Kota Pekanbaru," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Jalur penerimaan dalam PPDB tahun ini belum ada perubahan. Ia menyebut jalur penerimaan peserta didik hanya empat jalur itu.

"Kalau untuk jalur penerimaan belum ada perubahan bila dibanding tahun lalu, masih empat jalur yang jalur penerimaan," paparnya.

Jamal menambahkan bahwa orangtua dan para calon peserta didik SMP negeri di Kota Pekanbaru masih punya waktu mempersiapkan diri. Mereka bisa melakukan persiapan jelang PPDB pada Juli 2024 nanti.

Rangkaian PPDB baru berlangsung setelah ujian kenaikan kelas selesai. Ia menyebut bahwa dinas pendidikan memperkirakan jadwal PPDB berlangsung pada Juni nanti.

"Kalau saat ini para peserta didik masih fokus belajar untuk ujian akhir, sehingga bisa lulus sebelum mendaftar dalam PPDB nanti," ulasnya.

Berita Lainnya

Index