PP-PAUD Riau Akan Jangkau PAUD di Daerah 3T untuk Kesetaraan Pendidikan

PP-PAUD Riau Akan Jangkau PAUD di Daerah 3T untuk Kesetaraan Pendidikan

PEKANBARU - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PP-PAUD) Provinsi Riau, Ketua DPD Adrias Hariyanto menyampaikan visi mulia untuk menjangkau layanan PAUD hingga ke pelosok daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan pendidikan bagi seluruh anak bangsa.

"Kita ingin anak-anak di daerah 3T juga mendapatkan pelayanan PAUD yang berkualitas sama dengan di daerah lain," ungkap Adrias dalam sambutannya di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (8/5/2024).

Lebih lanjut, Adrias optimis bahwa dengan mengoptimalkan potensi organisasi yang tergabung dalam PP-PAUD, generasi bangsa yang mandiri dan mampu bersaing di kancah global dapat terwujud. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi oleh pasar dunia.

Ia menekankan pentingnya membangun kerjasama antar organisasi PAUD demi mewujudkan cita-cita Anak Indonesia Harapan (AIH) pada peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah membentuk Forum Ayah Bunda yang melibatkan lembaga PAUD, orang tua murid, dan masyarakat setempat," tuturnya.

Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi dan kolaborasi untuk membangun pendidikan Tri Sentra, yaitu keselarasan pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

"Pendidikan anak usia dini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai moral dan membangun karakter dengan akhlak mulia," imbuhnya.

Adrias juga mengingatkan seluruh anggota dan pengurus PP-PAUD untuk terus melakukan evaluasi dan konsolidasi organisasi, khususnya terkait dengan perubahan status hukum.

Menurutnya, menjadi organisasi berbadan hukum membutuhkan usaha ekstra dan kerja sama untuk melakukan penyesuaian, serta menangkis berbagai kendala demi membangun organisasi yang mandiri dan solid.

"Dinamika perkembangan terkait anak usia dini terus berkembang pesat, baik dalam hal kebijakan pemerintahan maupun penemuan ilmu pengetahuan dengan metode-metode kekinian. Semoga apa yang menjadi cita-cita kita mendapat ridho Allah SWT," pungkasnya.

Peringatan HUT Ke-67 PP-PAUD Riau ini menjadi momentum penting untuk meneguhkan komitmen dalam membangun generasi emas bangsa, dimulai dari pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan merata di seluruh pelosok negeri.

Berita Lainnya

Index