Profil Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Alumni IPDN dan Masih Berusia 41 Tahun

Profil Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Alumni IPDN dan Masih Berusia 41 Tahun

PEKANBARU  - Risnandar Mahiwa SSTP MSi ditunjuk pemerintah pusat menjadi Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru menggantikan Muflihun yang sudah dua tahun memimpin ibukota Provinsi Riau tersebut. Hari ini, Rabu (22/5/2024) Risnandar dilantik oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, di Gedung Daerah Provinsi Riau.

Penunjukan Risnandar sebagai Pj Walikota hingga terpilihnya walikota definitif hasil Pilkada serentak 2024 mendatang, cukup membuat banyak pihak terkejut. Sebab, nama pria asal Luwuk Sulawesi Tengah yang saat ini menjabat sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri tersebut tidak pernah disebut-sebut akan menjadi Pj walikota.

Apalagi, pria kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah, 41 tahun lalu, tersebut tidak pernah bersinggungan langsung dengan Riau, khususnya Pekanbaru. Dalam karirnya, Risnandar tidak pernah bertugas di Negeri Lancang Kuning itu.

Sebelumnya, DPRD Pekanbaru hanya mengusulkan nama Sekretaris DPRD Hambali sebagai calon Pj Walikota, sedangkan Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan tiga nama calon yakni Eva Revita, Emri Juli Arnis dan Indra Pomi Nasution. Dari empat nama yang diusulkan

Dari beberapa sumber yang dirangkum CAKAPLAH.com, Risnandar Mahiwa saat ini menjabat sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri.

Pria kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah 6 Juli 1983 (41 tahun) tersebut, pernah mengenyam pendidikan di D4 Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri/STPDN tahun 2006. Sedangkan gelar magisternya diraih di Prodi Magister Administrasi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun 2009.

Ada beberapa jabatan yang pernah diembannya seperti sebagai Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan (2021-2022), Kepala Bagian Umum Sekretariat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2018 - sekarang).

Ia juga pernah menjabat Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2016-2018), Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2014-2016).

Risnandar juga sempat menjadi Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum tahun 2014-2016. Sebelumnya ia juga menjadi Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (2012-2014).

Serta, Lurah Soho Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (2009).

Berita Lainnya

Index