Hari Pertama PPDB SD Negeri di Pekanbaru, Ribuan Siswa Sudah Mendaftar

Hari Pertama PPDB SD Negeri di Pekanbaru, Ribuan Siswa Sudah Mendaftar

PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD Negeri Kota Pekanbaru dimulai hari ini, Senin (1/7/2024). Ribuan siswa sudah terdaftar di sistem yang telah disiapkan.

Kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, pelaksanaan PPDB tingkat SD berlangsung selama empat hari. PPDB berlangsung 1-4 Juli 2024.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai pendaftaran PPDB tingkat SD secara online. Ini berlangsung selama empat hari," ujar Jamal.

Sejauh ini, persoalan PPDB secara online tidak ada masalah atau gangguan. Para wali atau orang tua yang terkendala dengan sistem online ini bisa datang langsung ke sekolah tujuan.

"Permasalahan yang berarti tidak, seperti sistem kita terganggu itu tidak ada. Artinya pelaksanaan PPDB berjalan lancar, kalaupun orang tua ada kendala, mereka bisa langsung datang ke sekolah untuk konsultasi atau minta bantu didampingi dalam pendaftarannya," sebutnya.

Namun jika sudah berhasil dan tidak ada kendala, orang tua atau wali tidak perlu lagi datang ke sekolah. Orangtua bisa langsung pantau dari website https://sd.ppdbpekanbaru.id/.

Sejumlah orangtua siswa tampak datang ke sekolah SD Negeri 110, di Purwodadi. Mereka datang ke sekolah untuk berkonsultasi dan minta pendampingan dalam proses PPDB online ini.

Secara umum, dari data https://sd.ppdbpekanbaru.id/, kuota SD Negeri di Pekanbaru sekitar 12.544 siswa. Sementara di hari pertama ini, hingga pukul 12.45 WIB, sudah ada sekitar 5.388 siswa yang telah terdaftar di sistem.

Khusus SD Negeri, hanya tiga jalur yang dibuka yakni, jalur zonasi, afirmasi dan pindahan orangtua. Untuk kuota jalur zonasi sebanyak 9.722 siswa, frimasi 2.207 siswa dan jalur pindahan orangtua 615 siswa.

Berita Lainnya

Index