KONI Riau Lepas Tim Sepakbola PON Riau TC Penuh di Jakarta

KONI Riau Lepas Tim Sepakbola PON Riau TC Penuh di Jakarta
Ketua KONI Riau H Iskandar Hoesin foto bersama skuad Sepak bola PON Riau sebelum berangkat ke Jakarta di bandara SSK II (Celoteh Riau/Yudi Waldi)

PEKANBARU -- Ketua KONI Riau H Iskandar Hoesin didampingi Ketua Asprov PSSI Riau Edward Riansyah SE MM,  Rabu (17/7/2024), secara resmi melepas keberangkatan tim sepakbola PON Riau untuk menjalani training camp (TC) penuh di Jakarta.

Pelepasan yang berlangsung di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru  tampak dihadiri pengurus teras KONI Riau. Selain Ketua Umum, tampak, Sekretaris Umum  Edi Satria ,  Waka I KONI Riau Fahmi, Waka III  KONI Riau Ahmad Ismail, Waka IV KONI Riau, Muhammad Yunus  dan pengurus lainnya

Dalam arahan Ketua Umum Iskandar Hoesin berpesan kepada pelatih Ambrizal dan jajaran staf pelatih serta para pemain untuk selalu menjaga kesehatan agar bisa tampil maksimal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 .

Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin mengatakan, TC di Jakarta ini merupakan upaya untuk menambah jam terbang pemain Riau. Menurutnya, dengan latihan di Jakarta, pemain bisa melakukan uji coba dengan tim-tim besar.

"Kami mengharapkan, TC di Jakarta dapat memperluas jam terbang atlet. Sehingga mencapai hasil yang terbaik di PON mendatang," ujar Iskandar, Rabu (17/7/2024).

Lalu bagaimana soal target medali? KONI Riau belum memberikan target medali kepada cabor sepakbola. Namun begitu, diharapkan dengan latihan dan persiapan yang  baik dan dilakukan ditempat yang baik diharapkan dapat mencapai hasil terbaik.

Iskandar Hoesin menerangkan  cabor sepakbola sudah 32 tahun tidak lolos PON. Namun pada Porwil Sumatera tahun 2023 lalu, cabor sepakbola kembali mengukir sejarah dengan lolos PON Aceh-Sumut.

"Meski tidak mematok target medali, kita tetap berharap  agar cabor sepakbola dapat meraih hasil terbaik pada PON Aceh-Sumut nanti," tegasnya.

Dalam pada itu, Ketua Asprov PSSI Riau Edward Riansyah SE MM menuturkan dipilihnya Jakarta sebagai tempat pemusatan latihan sangat cocok bagi skuad asuhan Ambrizal. Pasalnya selain tempatnya yang memadai, tim sepak bola PON Ripau memiliki tim latih tanding yang cukup bagus dan secara level diatas kemampuan Pramudya Trenady dan kawan-kawan.

"TC di Jakarta bukan tanpa alasan. Mereka memilih Jakarta sebagai tempat TC penuh agar bisa melakukan uji coba dengan banyak tim.Di kawasan Jabodetabek itu, kita bisa melakukan uji coba dengan tim Liga 2 dan liga 1, termasuk tim PON lainnya," ujar Edu, sapaan akrabnya.

Edu berharap , dengan TC penuh selama satu bulan setengah dapat memaksimalkan persiapan pemain sepakbola Riau menghadapi PON Aceh-Sumut."Jadi tim kita tidak balik lagi ke Riau, tapi selesai TC, kita langsung berangkat ke Aceh ," katanya.

Pelepasan yang dilakukan saat ini sebut Edu, sekaligus pelepasan keberangkatan PON. Karena itu, pihaknya sangat berterimakasih kepada pihak sponsor terutama Pemerintah Provinsi Riau, Dispora, KONI Riau dan juga sponsor lainnya yakni RS Awal Bros.

Dalam PON nanti, dirinya menegaskan tim Riau bukanlah tim yang hanya numpang lewat lolos PON.

"Kita berharap, dengan latihan yang sudah kita lakukan sejak empat bulan terakhir dan ditambah TC penuh selama satu bulan setengah, tim Riau dapat menunjukkan peningkatan. Kita harap, mereka membawa prestasi yang layak untuk kita saat mereka pulang PON," harapnya.

Orang nomor satu PSSI Riau ini juga berharap doa dan dukungan dari masyarakat Riau agar  sepakbola Riau lebih baik lagi ke depan.

Terkait tempat latihan, Edu menyebut, tim Riau akan  melaksanakan latihan di Pancoran Soccer Field (PSF). Lapangan tersebut juga menjadi tempat latihan bagi skuad PSPS Pekanbaru."Untuk latihan dan mess kita memakai sarana prasarana PSF (Pancoran Soccer Field) Group," pungkasnya.

Senada pelatih kepala PON Riau Ambrizal mengucapkan terimakasih atas perhatian KONI Riau, Asprov PSSI Riau dan pihak yang mendukung tim sepak bola PON Riau.

"Sebagai pelatih saya memiliki ekspetasi yang tinggi. Meski berat, saya ingin membawa tim ini berprestasi dan optimis selalu di kedepankan, " pungkasnya.

Untuk diketahui dari 23 nama skuad sepak bola PON Riau, Kota Pekanbaru menjadi penyumbang terbanyak, yakni 8 pemain, Bengkalis 5 pemain, Kampar 4 pemain, Kuansing 2 pemain, Rokan Hulu 2 pemain dan elalawan dan Inhil masing-masing 1 pemain. (***/CR3)


Skuad PON Riau 2024

Govindra Ryzaqa, Maheer Latief Suryanto, Gilang Ananda P, Enrico Delfiendra, Enriyan pDwi Fahri, Pramudya Dwi Trenady, Gilang Aris Maulana dan Muharram  Syahid Jundullah  (Pekanbaru)

Rofi Rohmatullah Harun, M Bintang Rizqi Nabila, M Javier Eksan, Zacky Fadhlurahhman dan 00Wahyu Pratama (Bengkalis)

Rangga Febriadi, Fauzan Al Anshori,  Iqbal Prasetyo dan M Reyhan Valebi (Kampar) 
Alvi, Dimas Nugraha (Kuantan Singingi) 
Rahmat Fadila dan Yudi Vasbar Alkarevi (Rokan Hulu) , Ghazza Rabbani Julin (Pelalawan) dan Bayu (Indragiri Hilir)

Pelatih Kepala Ambrizal, 
Asisten Pelatih Satriyan Gunanya
Pelatih Kiper Lufti  Yasin Rangkuti
Pelatih Fisik Afrima Deri

 

 

#Sport

Index

Berita Lainnya

Index