Kado HUT Riau ke-67, Prodi Magister Ilmu Komputer Resmi Berdiri di Unilak

Kado HUT Riau ke-67, Prodi Magister Ilmu Komputer Resmi Berdiri di Unilak

PEKANBARU - Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Komputer resmi berdiri di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau. Launching digelar bersamaan dengan seminar nasional.

Unilak mengundang tiga narasumber yaitu Prof Dr Zainal A Hasibuan Ph.D dari Universitas Dian Nuswantoro, Prof Dr rer nat Achmad Benny Ketua Umum Aptikom dan Dosen Teknologi Universitas Guna Darma, serta Dr rer nat Ditdit Nugeraha Utama S.Kom.MMSi, M.Comm dosen Magister Ilmu Komputer Binus University dengan moderator Dr Susandri M.Kom.

Seminar nasional dengan tema "masa depan pengambilan keputusan: AI dan Data Sciene" diikuti oleh 150 peserta dari dosen, guru, praktisi, mahasiswa, alumni dan pakar teknologi, dan komputer di Riau dan Indonesia dilakukan secara daring dan luring.

Magister Ilmu Komputer Unilak menjadi satu-satunya dan perdana berdiri di perguruan tinggi baik negeri dan swasta yang ada di Riau.

Berdirinya Magister Ilmu Komputer ini merupakan kado HUT Riau ke-67 yang dipersembahkan Unilak bagi masyarakat dan pemerintah.

Dekan Sekolah Pascasarjana Unilak Dr Adolf Bastian mengucapkan syukur dan terima kasih kepada tim yang telah bertungkus lumus bekerja keras menghadirkan Prodi Magister Ilmu Komputer ini.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada Prof Zainal, Prof Ahmad Benny dan Dr Ditdit Nugeraha. Kegiatan seminar nasional ini merupakan bagian bentuk syukur. Kami berharap para peserta dapat mensosialisasikan berdirinya Prodi Magister Ilmu Komputer kepada masyarakat luas, sehingga dapat memberikan manfaat," ujarnya.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS M.Hum mengatakan berdirinya Prodi Magister Ilmu Komputer memberikan manfaat langsung bagi masyarakat dan pemerintah.

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi dan AI yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, hadirnya Magister Ilmu Komputer menjadi jawaban.

"Prodi ini merupakan harapan dari masyarakat dan pemerintah yang memang sesuai dan dibutuhkan pada masa ini dan masa akan datang. Kita lihat bagaimana pentingnya teknologi dalam kehidupan, dan Unilak memberikan jawaban atas hal itu," ungkapnya.

Dikatakan Prof Junaidi lagi, dengan telah diluncurkannya prodi ini, maka Pascasarjana Unilak sudah menerima mahasiswa baru.

"Kami ucapkan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah X, dan LLDIKTI Wilayah XVII dan Dikti yang telah membantu dan memberikan kepercayaan kepada Unilak," terangnya.

"Kepada civitas akademika Unilak untuk dapat menjalankan amanah dan kepercayaan yang diberikan. Kita harus yakinkan keberadaan Prodi ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi era teknologi," imbuh Prof Junaidi.

Dukungan berdirinya Magister Ilmu Komputer juga disampaikan secara langsung oleh Prof Dr Zainal A Hasibuan P.hD saat memberikan materi.

"Selamat untuk Unilak, saran saya Magister Ilmu Komputer ini harus jelas arahnya, jelas lulusannya dan tidak hanya berteori saja," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index