Senam Riau dan Target Lima Medali Emas di PON Aceh-Sumut, Provinsi Mana Pesaing Terkuat?

Senam Riau dan Target Lima Medali Emas di PON Aceh-Sumut, Provinsi Mana Pesaing Terkuat?
Aksi Agung Suci Tantio Akbar saat latihan di GOR Senam di kawasan sport centre Rumbai.(CR/YW)

PEKANBARU --  Cabang Olahraga Senam merupakan salahsatu andalan Provinsi Riau untuk mendulang medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh -Sumatra Utara 2024.

Torehan 3 medali emas  4 medali perak dan 3 medali perunggu di PON XX 2022 di Papua menjadi landasan bagi KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Provinsi Riau untuk memasang target lebih tinggi di PON XXI. Yakni 5 medali emas.

Untuk menuntaskan target itu Pelatih Ahmad Markos SE menyiapkan empat  pesenam artistik putra dan satu artistik putri. Yakni, Abiyu Raffi, Muhammad Aprizal, Agung Suci Tantio Akbar, Rihansyah Agusti, Puja Maharan. Serta Gianni Junaidi yang turun di nomor ritmik putri.

" Pada PON XXI di Aceh -Sumut, Riau diperkuat empat pesenam artistik putra, satu pesenam artistik putri dan satu pesenam ritmik putri. Pada kategori  artistik putra, Riau akan turun full team di semua alat baik tim maupun individual. Target saya pribadi adalah mempertahankan juara umum di cabor Senam " kata pelatih senam Riau, Ahmad Markos SE .

Sementara kata Markos untuk kategori artistik putri , Riau hanya turun di 4 alat individual. Markos mengakui, sejauh ini untuk di nomor perorangan putra yang menjadi andalan khususnya di palang tunggal, kuda lompat dan kuda pelana.

Persiapan pesenam Riau terang Markos progresnya sudah mencapai 88 persen. Jajaran pelatih tinggal memperhalus eksekusi gerakan akhir sehingga di harapkan saat di arena sebenarnya, pesenam Riau tampil dengan performa puncak dan meraih hasil maksimal.

Lalu siapa pesaing Riau nanti?  Markos menunjuk pesenam Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Lampung." Berkaca saat kejurnas Pra PON di Surabaya 2023 lalu 4 daerah inilah yang terdepan menjadi pesaing Riau, " pungkasnya.

Dalam pada itu Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin optimis pada PON Aceh-Sumut mendatang cabor senam yang menjadi andalan pendulang medali dapat menuntaskan target yang diamanahkan KONI Riau. “Secara visual meyakinkan, tetapi bagaimana hasilnya kita belum tahukan. Kita berharap minimal dapat 5 medali emas di senam. Dan mudah-mudahan bisa lebih,” tegasnya. (***/CR3)

 

 

 

 

#Sport

Index

Berita Lainnya

Index