Medali Emas dari Ski Air, Kokohkan Riau Di Peringkat 10 Besar Nasional

Medali Emas dari Ski Air, Kokohkan Riau Di Peringkat 10 Besar Nasional

MEDAN, celotehriau.com - Rabu (17/9/2024), Kontingen Riau kembali berhasil menambah perolehan medali emas melalui cabang olahraga Ski Air yang digelar di  Venue F1H20 Danau Toba Sumatera Utara.

Medali emas Riau dihasilkan dari wake board campuran yang bermaterikan Muhammad Rafli T, Suprianto, Wiranti Astuti dan Adiva Zahira Nayhania dengan total skor 225 poin. Peringkat kedua ditempati DKI Jakarta Surdinsya, Revandre Prama, Kanaya Anindita dan Azilla Khairu Tussa yang meraih total skor 210 poin. Sementara mesali perunggu dihasilkan Kepulauan Riau yang bermaterikan Jason,  Alex Hanif, Miftahul Jannah, Indah Ayu Safitri yang mengumpulkan skor 150 poin.

Selain meraih medali emas Riau juga berhasil meraih medali perak dari  Wakeboard individual putra. Atlet ski air Riau Muhammad Rafli T yang meraih  skor 37, 89 poin, harus mengakui kehebatan peski air Kepulauan Riau, Jason yang mengumpulkan skor 42, 00 poin. Medali perunggu diraih atlet tuan rumah Sumatera Utara Kevin Gladian yang meraih skor 35, 23.Sementara  pe ski Air Riau lainnya Suprianto dan Alpin Dinata harus puas finis diperingkat ke-4 dan 5 dengan skor 31,90 poin dan 25, 00 poin serta atlet DKI Jakarta, Surdinsya diperingkat ke-6 dengan skor 23, 22 poin.

Tambahan satu medali emas dan satu perak, plus 3 perak dan satu perunggu dari cabor angkat berat membuat kontingen Riau, semakin kokoh  berada di peringkat 10 besar daftar perolehan medali sementara PON XXI Aceh-Sumut

Total sampai H-2  closing ceremony, Riau mengemas 19 emas 20 perak dan 29 perunggu. Sedangkan  pemuncak klasemen sementara ditempati Jawa Barat dengan torehan 148 emas, 131 perak dan 130 perunggu.

Sekum KONI Riau Edi Satria memberikan apresiasi kepada cabor ski air yang mampu memberikan kontribusi medali emas walaupun tidak diberikan target oleh KONI Riau.

" Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Meski tak dibebani target, ski Air mampu menjawabnya dengan prestasi. Sekali lagi mewakili KONI Riau saya mengucapkan terimakasih atas perjuangan seluruh atlet, jajaran pelatih, pengurus PSAWI Riau serta semua yang terlibat dalam memajukan olahraga ski air, " kata Edi.

Setidaknya, dengan tambahan medali emas membuat Riau semakin kokoh di posisi 10 besar daftar perolehan medali untuk sementara.

Dalampada itu, Pelatih Ski Air Riau Matrab Binhar mengakui hasil ini merupakan salah satu nomor yang diproyeksikan meraih nedali. Pada kualifikasi PON lalu dua nomor ini berhasil meraih perunggu.

" Alhamdulillah, ski Air bisa berkontribusi medali emas buat kontingen Riau. Hasil ini patut disyukuri, " kata Pelatih Ski Air Riau, Mantab Binhar usai pertandingan.

Untuk uparaca pengalungan medali sebut Matrab akan dilakukan bersamaan dengan berakhirnya pertandingan di cabor ski air. " UPP dilakukannya serentak setelah selesai semua pertandingan, " katanya

Apakah masih ada peluang medali Riau? pelatih Ski Air ini memgakui Riau masih memiliki harapan meraih medali lewat nomor wake surf. "Masih ada peluang medali, mohon doanya, " ucapnya.

Senada Manajer tim Ski Air Riau, Gumpita, mengucapkan rasa syukur dan terharu terhadap hasil perjuangan tim ski air yang berhasil meraih medali emas. Walaupun ski air tidak ditargetkan meraih medali emas pada PON XXI ini, namun tim nya tetap tampil maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Riau.

“Alhamdulillah tim ski air Riau berhasil meraih medali emas, kita mendominasi nilai tertinggi dari tim DKI dan Kepulauan Riau. Dan yang kedua atlet kita M Rafli juga meraih medali perak, kita kalah dari atlet Kepri. Tentunya hasil ini sangat membanggakan kita semua, baik bagi tim ski air Riau, bagi KONI Riau dan bagi Pemprov Riau,” ujar Gumpita.

Gumpita menjelaskan, peluang ski air untuk meraih medali emas masih terbuka. Dari nomor putra putri perorangan dan nomor tim, tiga nomor ini juga menajdi andalan Riau untuk bisa meraih medali.

“Mohon doa masyarakat Riau, mudah-mudahan atlet kita prima, baik fisik dan psikologis.  kami berterimakasih kepada Pemprov Koni Riau penghargaan  dan seluruh pengurus Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Riau,” kata Gumpita.

Selain tambah medali emas dan perak dari Ski Air, pada Rabu 17 September 2024 kontingen Riau juga mendapatkan tambahan tiga medali perak  dari lifter Putri Riau, Sri Rahayu di kelas 84 Kg, Murni Natalia, kelas 76 kg dan lifter putra Willi Sandria, di kelas 105 Kg. (***/YAQ)

 

 

 

 

#Sport

Index

Berita Lainnya

Index