Roni Sayangkan Banyak Fasum dan Fasos Belum Diserahkan Pihak Pengembang

Roni Sayangkan Banyak Fasum dan Fasos Belum Diserahkan Pihak Pengembang
Roni Amril

PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Roni Amriel menyanyangkan banyaknya fasilitas sosial dan fasilitas umum (Fasos dan Fasum) dari pengembangan perumahan yang belum diserahterimakan ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Hal ini pun lantas mengundang pertanyaan dari kalangan dewan. Padahal pengembang telah menyerahkan persil tanah dikawasan perumahan ke Pemko melalui BPN.

"Pemko dalam hal ini harus jemput bola ke BPN melalui dinas leading sector, seperti PUPR, Perkim, Dinas Pertanahan dan BPKAD untuk memanfaatkan persil fasos fasum yang telah dilepas pengembang," kata Roni.

Pemko pun diminta untuk kooperatif, dan bisa memastikan bahwa tanah fasos dan fasum dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seperti sekolah, MDTA, lapangan olah raga, dan lainnya.

Maka disitu juga termasuk tanggung jawab infrstruktur lingkungan, data base kependudukan dan tanggung jawab sosial lainya pasca serah terima persil fasos fasum dari pengembang yg selama ini document sertifikatnya diserahkan ke BPN.

Dalam perman PU nya dikatakan Roni sudah jelas, bahwa developer yang bangun rumah 30-35 peraen lahan yang mau dibangun harus dipisahkan untuk fasos dan fasum.

"Selama ini hal persil itu sudah dipisahkan dokumen sertifikatnya ada di BPN," kata Roni.

Setelah itu, kata Politisi Golkar ini, untuk PUPR dan Perkim harus tanggungjawab perwatan infrastruktur baik jalan dranise.

"Kalau udah diserahkan ke Pemko, tentu menjadi aset pemko, maka harus dipastikan dan dijemput, jangan di tunggu," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index