Cegah DBD, Babinsa Sumahilang Goro Bersama Warga

Cegah DBD, Babinsa Sumahilang Goro Bersama Warga
Babinsa dan warga gotong royong membersihkan selokan tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab dbd.(celotehriau.com)

CELOTEH RIAU.COM--Mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aigypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Kelurahan Sumahilang gotong bersama warga royong membersihkan lingkungan, Selasa (5/11/2019).


Gotong royong yang dikomandoi  Serka Eka Rivky Rivay Siregar dan Serda Khairuddin yang juga anggota   Koramil 02/Kota, Kodim 0301/ Pekanbaru berlangsung penuh semangat dan antusias.

Tampak warga RT 001 RW006
Kelurahan Sumahilang
Kecamatan  Pekanbaru Kota bahu membahu membersihkan rumput liar dan saluran air disepanjang 
Jalan  Sudirman Gang Nur Falah.

"Sasaran gotong royong   hari ini adalah membersihkan rumput Liar yang tumbuh sepanjang jalan Gang Nur Falah, lalu  saluran  air yang di penuhi oleh sampah sampah plastik.Alhamdulillah giat hari ini berjalan lancar," kata Serka Eka Rivky Rivai Siregar disela-sela gotong royong.

Serda Khairuddin mengimbau untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes Aigypti, selain gotong royong pagi ini warga juga berharap  warga menerapkan 3M.Menutup, menguras dan mengubur.

Kata  Khairuddin, gerakan menutup itu yakni menutup segala tempat yang bisa menampung air, baik di dalam maupun di luar rumah. Jika tidak diperlukan, tengkurapkan wadah-wadah yang bisa menampung air di luar rumah agar tidak tergenangi air hujan. Nyamuk betina memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelur.

Kemudian menguras tempat- tempat penampungan air seperti bak mandi, akuarium, dan vas bunga satu hingga dua kali seminggu. Siklus metamorfosis nyamuk, mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa, berlangsung selama 8-10 hari. Dengan mengosongkan tempat-tempat penampungan air secara berkala, Anda memutus siklus hidup nyamuk.

Dan terakhir kuburlah semua objek yang bisa menampung air, seperti kaleng bekas atau wadah plastik.

"Jadi 3M adalah solusi memberantas nyamuk penyebab DBD selain kegiatan bersih-bersih yang kita lakukan hari ini," jelasnya.

Tampakhadir dalam gotong royong itu, Lurah Sumahilang Yusrial A.md, Ketua Rw 06 Hendri Zuri.

 

#serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index