Tahun 2021 UN Diganti Dengan Assessment Kompetensi

Jumat, 13 Desember 2019 - 14:07:30 WIB Cetak

Abdul Jamal

PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyampaikan bahwa Ujian Nasional (UN) 2020 masih digelar. Ada rencana UN tingkat SMP bergulir pada April 2020 mendatang.

Jamal menyebut bahwa hal ini sesuai arahan Menteri Pendidikan RI, Nadiem Makarim. Jamal mengaku ikut dalam pertemuan dengan menteri saat membahas Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019) kemarin.

"UN nantinya masih diterapkan pada tahun 2020. Tapi tahun 2021 berganti jadi assesment kompetensi," katanya.

Menurutnya, sesuai Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar nantinya USBN bakal berganti menjadi ujian lokal. Proses ujian bagi murid kelas enam berlangsung layaknya ujian kenaikan kelas.

Anggaran USBN yang sudah masuk pos anggaran nantinya beralih jadi anggaran pengembangan kapasitas. "Nanti tidak perlu banyak buat soal lagi, sebab soalnya dari sekolah," ujarnya.

Jamal mengaku pada tahun 2021 mendatang UN ditiadakan. Nantinya berganti dengan assesment kompetensi minimum dan survei karakter.

Jamal menyebut proses assesment ini meliputi tiga penilaian yakni literasi, numerasi dan karakter. Peserta didik diajak untuk memiliki kemampuan bernalar.

Ada juga uji kompetensi dengan proses penilaian komprehensif. Peserta didik juga mendapat penugasan berupa karya tulis.

Proses pelaksaan assesment nantinya tidak lagi di kelas akhir. Jamal menyebut sesuai Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar nantinya assement berlangsung saat peserta didik di kelas empat SD dan kelas VIII SMP.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+