Respon APM Soal Supra dan Jimmy Diseludupkan

Respon APM Soal Supra dan Jimmy Diseludupkan

CELOTEHRIAU.COM ?? Direktorat Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membongkar mobil-mobil selundupan melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Dari sekian banyak mobil selundupan di antaranya, yaitu Toyota Supra dan Suzuki Jimny yang diselundupkan dari Jepang oleh importir PT TJI.

Agen Pemegang Merek (APM) Toyota dan Suzuki di Indonesia mengaku belum mengetahui aktivitas ilegal yang melibatkan model mobilnya tersebut. Supra dan Jimny menjadi barang bukti pemerintah dalam pengungkapan kasus mobil ilegal yang digelar di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

"Saya baru dengar soal ini. Tapi masa iya diselundupkan," kata Executive General Manager Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi, Kamis (19/12/2019).

Harga Toyota GR Supra untuk konsumen dalam negeri baru diumumkan beberapa waktu lalu. Mobil sport hasil kolaborasi dengan BMW itu dijual dengan harga Rp2 miliar.

Sama dengan Toyota, Suzuki juga menuturkan ketidaktahuan penyelundupan Jimny generasi terbaru ke Indonesia.

Head of Brand Development and Marketing Research Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat Harold Donnel mengatakan aktivitas itu terbilang nekat demi meminang mini jip Jimny.

"Asli saya tidak tahu. Tapi cukup gila kalau sampai segitunya (untuk mendapatkan Jimny)," ucap Harold.

Dijelaskan Harold, Jimny masuk ke Indonesia juga bisa melalui importir umum selain SIS. Namun Ia menyarankan konsumen yang tertarik membeli Jimny sebaiknya melalui jalur ilegal sesuai aturan impor yang berlaku di Indonesia.

"Kalau IU (importir umum) mereka punya jalur sendiri. Skema bisnisnya, tidak bisa dipungkiri bisnis tersebut masih tetap eksis," ucap Harold.

Selain Jimny dan Supra, Bea dan Cukai telah mengamankan Porsche GT3RS, Alfa Romeo, Mercedes-Benz, BMW tipe CI330 model GH-AU30, BMW tipe CI330 Series E46, Jeep TJ MPV, dan motor Honda Motocompo.

Ada juga Ferrari Dino 308 GT4, Porsche Carrera 2, motor BMW R1150, Citroen DS ID 19, mobil Porsche Carrera, motor Harley Davidson FLST N, dan motor BMW Motorrad NITE T.

Selain itu BMW tipe M3 CSL, motor Honda CRF 1000L, motor BMW R75/5, Ducatti, motor BMW R 1200, dan BMW NR8559. Saat ini mobil dan motor yang diselundupakan lewat pelabuhan Tanjung Priok itu disita negara.

#hukrim

Index

Berita Lainnya

Index