Puluhan Gajah Terjerat Tali Nilon

Puluhan Gajah Terjerat Tali Nilon
Anak gajah terlilit nilon.(celotehriau.com)

CELOTEH RIAU.COM(PEKANBARU)- Kelestarian satwa dilindungi di Riau terancam. Puluhan gajah, terpantau terjerat di konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi, Kilometer 45, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis.

Tim dari Balai Besar Konervasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, menyatakan, pihaknya telah turun ke lokasi.

''Tim sudah melakukan tindakan medis, dengan melepas tali nilon di kaki gajah tersebut,'' kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, Senin (27/1/2020)  sore.

Informasi ini, kata Suharyono, diketahui dari laporan pihak perusahaan beberapa hari yang lalu, persisnya di hari Selasa (21/1/2020) kemarin.

''Setelah mendapat laporan. Kami langsung menurunkan tim yang terdiri dari Balai Besar KSDA Riau, YTNTN, Forum Konservasi Leuser drh Anhar, PT Arara Abadi dan Volunteer pemerhati Gajah Riau segera turun dan melakukan penelusuran,'' ujar Suharyono. 

Proses penyelamatan ini, kata Suharyono, dapat diselesaikan Ahad (26/1/2020) kemarin.

''Untuk melepaskan jeratan dikakinya, tim harus melakukan penembakan bius,'' terang Suharyono. 

Menurut Suharyono, ada beberapa satwa berkelamin jantan, berkisar usia sekitar 4 sampai 5 tahun, dengan berat berkisar 600 kilogram.

''Saat tim tiba dilokasi. Kawanan gajah lainnya, langsung mendekat. Sehingga memudahkan tim melakukan pembiusan,'' ujar Suharyono.

Ditanya, berapa gajah yang didata terkena jeratan. Ia mengatakan, ditaksir jumlahnya mencapai hampir 30 ekor.

#riau

Index

Berita Lainnya

Index