Unik dan Perdana di Riau, Kampus Unilak, Gelar Raye Drive Thru

Unik dan Perdana di Riau,  Kampus Unilak, Gelar  Raye Drive Thru
Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum didampingi jajarannya saat menggelar silaturahmi

CELOTEHRIAU.COM-Pandemi wabah coronavirus disease ( covid-19) membuat sejumlah aktifitas terhenti dimasa Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Karena sesuai anjuran protokol kesehatan pemerintah diharuskan menjaga jarak (physical distancing), tidak berkerumun (sosial distancing) dan selalu menggunakan masker.

Tapi tidak bagi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Melalui ide dan konsep cemerlang dari Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum, Selasa (26/5/2020) Unilak gelar "Raye Drive Thru" di lobi gedung rektorat untuk tetap bersilaturahmi  dengan jajaran dosen, karyawan, dan mitra media Unilak tanpa harus bersalaman.

" Silaturahmi seperti  ini baru pertama kali digelar sebagai cara beradaptasi dengan kondisi wabah Covid-19 dengan tetap mengacu  SOP .Pada kesempatan ini  Unilak memberikan 400 paket lebaran bagi tamu yang mengikuti raye Drive Thru agar bertambah kebahagiaan," kata Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum.

Untuk diketahui, sebut Junaidi,  Raye Drive Thru  adalah kegiatan silaturahmi dalam bentuk  tatap muka tanpa harus bersalaman,  dimana dosen dan karyawan Unilak kemudian menyapa pimpinan Unilak dari kendaraan tanpa harus bersalaman sebagaimana mestinya saat silaturahmi rumah ke rumah.


Dan yang menarik lagi, terang Junaidi, antrian kendaraan tetap diatur dan berjarak 2 meter. Antrian kendaraan seperti ini umumnya terlihat di restoran cepat saji, yang berbeda adalah pihak rektorat memberikan paket lebaran.

"Beberapa aturan yang dilakukan Drive Thru tetap mengacu pada SOP protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19. Yakni, wajib menggunakan masker, tidak berjabat tangan dan menerapkan physical distancing, serta tersedia fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer."

Pada "Raye Drive Thru " Unilak dimulai sejak pukul 09.00 WIB -11.00 WIB.Tampak dalam acara itu Rektor Unilak Dr.Junaidi bersama wakil rektor I Zamzami S Kom M.Kom, wakil rektor II Hardi SE.MM, dan wakil rektor III Dr Bagio Kadaryanto menyambut bahagia tamu tamu yang melintas di depan lobi yang berada di dalam kendaraan dan saling mengucap selamat lebaran.

Wajah kerinduan, tawa dan bahagia terlihat jelas dari para dosen yang ikut raye Drive Thru, walaupun bertemu beberapa detik, berjumpa langsung dan melihat langsung senyum pimpinan  ada rasa bahagia yang terlihat dari Raye Drive Thru.

Saat ini sambung Junaidi, kegiatan kerja karyawan dan dosen sudah mulai berjalan di kampus Unilak, namun mahasiswa masih libur. “Mahasiswa nanti akan langsung ujian pada akhir Juni secara online karena belum bisa kuliah secara fisik di kelas," jelasnya.

Sementara terkait proses penerimaan mahasiswa baru di Unilak sebut Junaidi  juga akan menggunakan sistem jaringan di situs pmb.unilak.ac.id. Pihaknya memberikan kemudahan untuk pendaftar yaitu tanpa tes masuk dan diskon uang pengembangan hingga 50 persen.

"Alhamdulillah, sudah banyak yang daftar karena kita ada program Pasti Kuliah, yakni memberikan diskon sampai 50 persen uang pengembangan. Ini diberikan karena pada masa sulit, tujuannya agar  jangan sampai anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," tandas Dr. Junaidi.

Sementara itu salah satu tamu yang mengikuti raye Drive Thru, dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi SH MH, saat ditemui memberikan apresiasi kepada Rektor beserta jajarannya atas ide kreatifnya terlaksana" Raye Drive Thru."

"Walaupun situasi pandemi Corona , tidak menghalangi Keluarga besar Unilak untuk melakukan silaturahmi sebagai pengganti kegiatan halal bi halal. Kegiatan Raye Drive Thru ini sebagai bentuk kegiatan silaturahmi yang mematuhi imbauan pemerintah dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan,"tegasnya.

 

 

Berita Lainnya

Index