Resmi Dikukuhkan, Pengurus Daerah DMI Kota Pekanbaru 2021-2026 Launching Gerakan Subuh di Masjid

Resmi Dikukuhkan, Pengurus Daerah DMI Kota Pekanbaru 2021-2026 Launching Gerakan Subuh di Masjid
Wakil Walikota Foto bersama dengan para pengurus DMI Kota dan undangan

CELOTEH RIAU--Pengurus hasil Musda tgl 30 Maret 2021 yang dikomandoi Ustadz Marobana Dalimunthe  MESy resmi dikukuhkan di masjid Nurul Huda Tobek Godang, Jumat (9/4/2021).

Pengukuhan langsung dihadiri   dan disaksikan Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si, Pengurus pw DMI Riau Dr. H. Mashuri Putra, LC. MA dan Sekum Mizan Asnawi, SE. M.Ec. Devl, Ketua DMDI Riau H. Ajis dan beberapa tokoh masyarakat, alim ulama dan pengurus-pengurus masjid di kota Pekanbaru. 


Wakil Walikota H Ayat Cahyadi SSi dalam sambutannya mengucapkan tahniah kepada seluruh pengurus yang telah dikukuhkan serta memberikan arahan agar kepengurusan DMI kota Pekanbaru ini dapat bersinergi dengan pemerintah kota Pekanbaru untuk semakin mengokohkan kota ini sebagai smart city Madani. 

"Identitas kota Madani akan dapat diwujudkan salah satu satunya melalui masjid.Jika selama ini pemko telah menunjukkan komitmen untuk mewujudkan masjid paripurna sampai ke tingkat kelurahan Semoga melalui program DMI kota ini, akan terwujud banyak masjid paripurna yang program dan kegiatannya jauh lebih paripurna dari masjid paripurna itu sendiri.Kami juga berharap keberadaan DMI Kota dapat mewujudkan masjid yang makmur dan masjid pun dapat mewujudkan kemakmuran jama'ah" ujarnya.

Ketua PD DMI Kota Pekanbaru yang dikukuhkan Ust. Dr. Marabona DaliMunthe, M.E.Sy. menyampaikan pengukuhan ini sengaja dilakukan di masjid bukan di hotel dan tidak di tempat mewah lainnya karena fokus wilayah kerja DMI memang adalah masjid dan semuanya harus ke masjid terutama mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat peradaban ummat Islam sebagaimana di zaman Nabi Muhammad SAW 

"Giat ini sengaja dilakukan  ba'da salat subuh berjamaah di masjid karena acara pengukuhan ini juga sekaligus launching program DMI Kota yaitu "Gerakan Shubuh di Masjid atau GSM" semua pengurus DMI kota Pekanbaru yang dikukuhkan diminta menjadi penggerak utama di masjidnya masing-masing untuk mewujudkan program GSM ini," ujarnya. 

Kata Marobana, jika  salat shubuh di masjid ini sudah berhasil diramaikan di setiap masjid maka ummat Islam akan menjadi kekuatan yang sulit untuk dipecah belah karena semuanya terkoordinir dan terpimpin melalui masjid.

Marobana mengingatkan dan mengimbau para pengurus- pengurus masjid bahwa masjid adalah rumah dan milik  Allah dan yang memakmurkan masjid adalah keluarga nya Allah.

"Maka tidak seharusnya masjid dibatasi kegiatan keummatannya, meskipun dalam kondisi covid-19 sekarang ini.Kita  juga harus tetap waspada dan disiplin  menjaga protokol kesehatan," imbuhnya.


Acara kemudian lanjut dengan tabligh Akbar yang disampaikan oleh Ketua DMI Riau ust. Dr. Mashuri Putra, Lc. MA. Beliau menyampaikan ungkapan rasa syukur atas proses pengukuhan yang sederhana tapi punya pesan yang sangat luar biasa yaitu bagaimana menggerakkan ummat Islam dengan memulai hari shalat shubuh di masjid. 

Mashuri berharap kepengurusan yang baru akan dapat mewujudkan program-program yang ril  untuk kemajuan masjid-masjid di kota Pekanbaru dan dapat bersinergi dengan semua pihak dan berkoordinasi dengan PW DMI Riau. 

"Sebagai pengurus DMI, dibutuhkan keikhlasan untuk mewujudkan program dengan menjadi koordinator serta fasilitator bagi masjid-masjid yang memang ingin wujudkan fungsi ideal masjid sebagai pusat peradaban ummat, baik dari segi Imarah, idarah dan riayahnya. Imarah berarti memakmurkan masjid , sesuai isi surah  Al-Qur'an surat at-taubah ayat 18 tapi juga masjid diharapkan mampu memakmurkan jama'ah, idarah berarti sistem administrasi dan pengelolaan keuangan dan kegiatan masjid dilakukan secara transparan dan modern, dan riayah berarti mewujudkan pembangunan dan pemeliharaan masjid dengan baik sehingga jama'ah dapat merasakan kenyamanan ketika berada di masjid. Mari kita makmurkan masjid," tuntasnya.

#serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index