Babinsa Kelurahan Sukaramai Dampingi Warga, Vaksin ke Rumah Sakit Tentara

Babinsa Kelurahan Sukaramai Dampingi Warga, Vaksin ke Rumah Sakit Tentara

CELOTEH RIAU- Babinsa Kelurahan Sukaramai Serda Sumarsono dan Serda Robert Sitorus melakukan monitoring dan pendampingan terhadap warga binaan melakukan penyuntikan vaksin ke Rumah Sakit Tentara, Rabu (26/5/2021).

Tiga warga Kelurahan Sukaramai yang didampingi ke rumah sakit berlokasi di Jalan Kesehatan tersebut, adalah Ibu Nurhaini,  Ibu Fatimah dan Ibu Sumiyati.

Mulai dari pintu masuk rumah sakit  Babinsa melakukan pendampingan terkait protokol kesehatan. Yakni melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir ditempat yang disediakan .

Selanjutnya, ketiga warga didampingi mendaftarkan diri, karena ketiganya merupakan lansia maka ketiganya didampingi satu orang keluarganya.

Setelah menjalankan screening, dan cek tensi dan dinyatakan layak dan memenuhi standar yang sudah ditetapkan, selanjutnya dilakukan penyuntikan. Setelah itu, peserta vaksin di observasi selama 30 menit.

Jika tidak mengalami keluhan atau pusing, maka warga peserta dibolehkan pulang ke rumah masing-masing.

"Jadi selaku Babinsa tugas kita adalah mendampingi dan memantau warga binaan melaksanakan vaksin, jikalau hal-hal yang tidak diinginkan.Seperti ada yang pingsan usai divaksin saat menjalani observasi" katanya.

Babinsa pun mengimbau kepada seluruh warga yang sudah menjalankan vaksinasi tetap memakai masker disegala aktifitas 

Sebagaimana diketahui, sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya  vaksinasi Covid-19.

Pertama, menurunkan angka
kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Vaksin Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko seseorang untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Jika seseorang yang sudah divaksin tertular Covid-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

Kedua, mendorong terbentuknya herd immunity.

Orang-orang yang telah divaksin tidak hanya melindungi dirinya sendiri. Setelah divaksin mereka juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia.

Hal itu bisa terjadi karena kemungkinan orang yang sudah divaksin menularkan virus Corona sangatlah kecil.

Bahkan, bila diberikan secara massal, vaksin Covid-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat.

Ketiga, meminimalkan dampak ekonomi dan sosial.

Diakui atau tidak, wabah Covid-19 berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat terganggu selama pandemi.

Dengan vaksinasi, yang selanjutnya diharapkan terbentuk kekebalan kelompok, aktivitas sosial ekonomi diharapkan bisa kembali pulih.

#serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index