Muathay Riau Bawa Polemik Kuota Atlet Lolos PON Papua  ke BAORI

Senin, 31 Mei 2021 - 21:50:34 WIB Cetak

Ketua Pengprov Muathay Riau dan Bidang Hukum KONI Riau saat sidang pertama agenda mediasi di BAORI, Senin (31/5/2021)

CELOTEH RIAU--Pengprov Muathay Riau akhirnya membawa polemik kuota atlet lolos PON XX di Papua saat Porwil X di Bengkulu dan Pra PON 2019  ke Badan Abritase Olahraga Republik Indonesia (BAORI) KONI Pusat, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Ketua Umum Muaythai Provinsi Riau, Oktavianes Sinyo Lesnussa, selaku pihak pemohon yang telah mendaftarkan gugatan di BAORI pada tanggal 24 Mei  2021 lalu,  hadir memenuhi panggilan sidang dengan agenda mediasi ini didampingi bidang Hukum KONI Provinsi  Riau Meidizon Dahlan, SH.MH.

Sementara  pihak Termohon yaitu Sudirman, SH.MH hadir diwakili oleh Kuasa hukumnya Budi Rahman dan lainnya.

Sidang pertama dengan agenda acara mediasi antara Pemohon dan Termohon dengan Majelis Tunggal Hakim Mediator BAORI  Yollanda Grace P, SH, dengan Nomor register Perkara : 04/P.BAORI/V/2021.

Ketum PB Muaythai Dr. Sudirman SH., MH, mantan Ketua BAORI yang di Munaslub-kan era kepemimpinan Ketum KONI Pusat Tono Suratman, yang  digugat oleh Ketum Muaythai Provinsi Riau, Oktovianes Sinyo Lesnussa ini di BAORI berkaitan SK PBMI Nomor : 52/SK/PBMI/KU/X/2020  tanggal 1 Oktober 2020, tentang penetapan nama & nomor event serta Provinsi Lolos PON XX Papua 2021.

Ketua Pengprov Muathay Riau, Oktavianes Sinyo Lesnussa menuturkan, selaku pemohon menyampaikan apa yang menjadi pokok gugatan.  yaitu tentang kuota & nama atlet lolos PON Papua 2021.

"Semua ini  dilakukan demi menjaga dan melindungi keberadaan atlet dan pelatih berprestasi Riau dan tentunya sekaligus menjaga Marwah & martabat Provinsi Riau serta untuk mencari keadilan dari aspek kepastian Hukum tentang pengakuan secara yuridis keberadaan dan keikutsertaan Atlet Muaythai Riau dalam perhelatan PON di Provinsi Papua, 2021," katanya.

Kata Sinyo, Muathay Riau  merasakan dan menduga produk kebijakan tata kelola organisasi & pembinaan prestasi yang berimplikasi hukum saat ini, terlahir bukan kemauan pihaknya akan tetapi karena sebuah arogansi kekuasaan yang telah membutakan nurani demi mempertahankan egonya.

"Kami  juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLT Ketum KONI Riau Bapak H. R. Marjohan Yusuf dan Sekum KONI Riau Deni Ermanto serta bidang Hukum KONI Riau yang telah memberikan Ruang perjuangan ini," ucapnya 

Disisi lain,  Meidizon Dahlan selaku Bidang Hukum KONI Riau yang secara resmi ditugaskan oleh Plt Ketua Umum KONI Riau mengatakan   KONI Riau pada posisinya tentu mensupport langkah yang dilakukan oleh Pengprov Muaythai Riau dengan beberapa pertimbangan. Dimana langkah ini diambil dalam rangka memperjuangkan kuota atlet lolos ke PON Provinsi Riau potensi medali emas.

"Karena Muaythai adalah merupakan  anggota KONI Riau & yang secara pokok sama satu visi dan misi menjaga marwah atlet berprestasi Provinsi Riau supaya tidak lagi diperlakukan berulang dikemudian hari," katanya.

Kata Meidizon Dahlan, hal ini juga merupakan salah satu perjuangan yang telah dirintis almarhum H . Emrizal Pakis yang ketika itu menjabat sebagai Ketum KONI Provinsi Riau yang telah berupaya beberapa kali melakukan pendekatan keorganisasian dengan Ketua PB Muaythai dan menemui jalan buntu.

" Makanya kami harus mendukung hingga persoalan ini bisa selesai dengan baik untuk Marwah  masyarakat Olahraga Provinsi Riau," jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil 
Soni ini dan Ketua Pengrov Muaythai  Oktavianes Sinyo berharap  dukungan  penuh Pemerintah Provinsi Riau & Pemkab/Pemkot, KONI se Provinsi Riau serta stakeholder lainnya agar  perjuangan ini menuai hasil positif sesuai yang diharapkan.


.



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Olahraga

Klasemen Liga Inggris Usai Liverpool Hajar Arsenal 3-1

Selasa, 29 September 2020
Olahraga

Hasil Serie A: Intermilan Bekuk Juventus 2-0

Senin, 18 Januari 2021
Olahraga

Roma Tak Berdaya Ditangan Lazio

Ahad, 03 Maret 2019