UPZ Unilak Salurkan Zakat untuk Mahasiswa

UPZ Unilak Salurkan Zakat untuk Mahasiswa

PEKANBARU - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menyalurkan zakat kepada 10 Mustahik (penerima zakat) yang berhak menerima. Dana bersumber dari zakat yang dikeluarkan para pegawai dan dosen di Unilak.

Ketua UPZ Unilak Firmansyah mengatakan jumlah Mustahik terdiri dari 10 orang yang terbagi untuk lima program. Yaitu 5 mahasiswa untuk program Unilak cerdas, 2 mahasiswa untuk program UMKM, 2 orang lagi untuk program enterpreneur yang salah satunya adalah wirausaha muda di lingkungan Rumbai. Masing-masing mendapatkan Rp2 juta.

"Dan 1 bantuan program dakwah untuk satu mahasiswi yang mendapatkan Rp1 juta," ujar Firmansyah, Sabtu (4/9/2021).

Ia mengatakan potensi pertumbuhan zakat di Unilak cukup besar, dosen dan karyawan yang telah berzakat masih 63 orang. Pihaknya yakin kedepannya akan bertambah. Karena semakin bertambah yang berzakat maka semakin banyak penerima zakat untuk disalurkan.

"Zakat yang dikumpulkan ini 2,5 persen dari penghasilan. Semoga dana ini bermanfaat bagi penerima dan mampu membantu pengembangan usaha serta mendapatkan keberkahan," imbuhnya.

Sementara itu Rektor Unilak Dr. Junaidi menyebutkan UPZ di Unilak didirikan karena zakat adalah perintah agama, dan potensi di Unilak, serta keinginan dosen dan pegawai untuk  berzakat banyak.

"Di awal-awal berdiri banyak masukan, agar Unilak memiliki UPZ dan akhirnya berdiri. Ini juga sejalan dengan 7 nilai Unilak satu diantaranya religius. Kami yakin dosen dan pegawai akan semakin banyak berzakat. Sehingga pemanfaatannya semakin banyak yang disalurkan dan penerima. Saya mengapresiasi UPZ Unilak yang telah menyalurkan zakat, saya mendorong pegawai dan dosen untuk berzakat di UPZ Unilak," ucapnya.

Fauzan, warga Umban Sari sebagai salah satu penerima program enterpreneur, yang memiliki usaha telur puyuh dan kolam ikan lele merasa senang dan terbantu untuk pengembangan usaha.

"Terima kasih kepada UPZ Unilak. Saya ada satu kolam dengan lima keramba dan untuk puyuh baru setahun memulai, ini akan digunakan untuk pengembangan. Semoga UPZ Unilak semakin berkembang dan semakin berkah," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index