UNJUK RASA

Mahasiswa UIN Suska Riau Demo Tuntut Uang Kuliah Tunggal, Ancam Segel Seluruh Fakultas

Mahasiswa UIN Suska Riau Demo Tuntut Uang Kuliah Tunggal, Ancam Segel Seluruh Fakultas
Mahasiswa UIN Suska Riau Demo Tuntut Uang Kuliah Tunggal, Ancam Segel Seluruh Fakultas

PEKANBARU, CELOTEHRIAU.COM- Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau melakukan unjuk rasa, Kamis (14/3/20219). Mereka menduduk Kantor Rektorat UIN Suska Riau di Jalan Lintas Pekanbaru - Kampar.

Mahasiswa yang datang ke gedung rektorat dengan membawa karton dan spanduk yang berisi beragam tuntutan mereka terkait tindak lanjut revisi Uang Kuliah Tunggal (UKT).  Selain menuntut agar pihak rektorat segera merevisi UKT mahasiswa yang melakukan unjuk rasa juga keberatan dengan adanya kebiajakan dari rektor terkait pengaturan jam malam di kampus.

Sejumlah mahasiswa juga tampak menggunakan pita merah yang diikatkan di kepalanya.

Setelah tiba di lantai dasar gedung rektorat, mahasiswa ini pun langsung melakukan orasi dengan menggunakan pengeras suara. Satu per satu mahasiswa ini berdiri untuk menyampaikan tuntutannya. Namun tidak terlihat ada pimpinan kampus yang menjumpai pendemo. 

Beberapa perwakilan yang diutus Rektor untuk menjumpai pendemo pun di tolak mentah-mentah oleh massa. Sebab mereka hanya ingin dijumpai oleh san rektor Ahmad Mujahidin.

"Kami tidak ingin berjumpa denga perwakilan, karena setiap kami kesini Rektor tidak pernah menjumpai kami," kata Ari salah seorang mahasiswa yang ikut dalam unjuk rasa tersebut.

 

 Kesal tidak dijumpai oleh Rektor, ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau mengancam akan menyegel seluruh fakultas yang ada di lingkungan kampus UIN Suska Riau, Kamis (14/3/2019). Ancaman ini disampaikan menyusul tidak ada kejelasan dari pihak rekrorat terhadap tuntutan yang mereka sampaikan dalam aksi unjuk rasa kali ini. 

Mahasiswa yang datang ke gedung rektorat dengan membawa karton dan spanduk yang berisi beragam tuntutan mereka terkait tindak lanjut revisi aturan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Selain menuntut agar pihak rektorat segera merevisi UKT mahasiswa yang melakukan unjuk rasa juga keberatan dengan adanya kebiajakan dari rektor terkait pengaturan jam malam di kampus.

"Kami mengancam akan menyegel seluruh fakultas di UIN Suska Riau, jika hari ini UKT tidak direvisi," kata salah seorang pendemo melalui pengeras suara. 

"Banyak kawan-kawan yang berhenti kuliah karena tidak sanggup membayar uang kuliah, ini akibat UKT yang tinggi dan sangat memberatkan bagi kami," imbuhnya.

Tidak hanya itu, jika benar aksi penyegelan yang dilakukan mahasiswa ini dilakukan, maka ribuan mahasiswa UIN Suska Riau terancam tidak bisa melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas.

"Kami pastikan tidak ada belajar, ujian, selesaikan hari ini! Semuanya akan lumpuh," teriak ppendemo (cl4) 

Berita Lainnya

Index