Suhu di Arab Saudi Capai 45 Derajat Celcius

Suhu di Arab Saudi Capai 45 Derajat Celcius

PEKANBARU - Jemaah haji asal Provinsi Riau diminta tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci. Hal ini karena suhu di Arab Saudi saat ini mencapai 45 derajat celcius.

“Saat ini suhu di Makkah dan Madinah sudah berada di suhu 45 derajat celcius, dari segi fisik suhu sepanas ini tidak memungkinkan jamaah lansia dan dengan risiko tinggi bisa maksimal melaksanakan ibadah menjelang puncak haji," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin, Sabtu (10/6/2023).

Pihaknya meminta kepada petugas haji yang saat ini berada di Makkah dan Madinah agar memberikan penjelasan dan edukasi kepada para jamaah haji agar tidak memaksakan diri dalam beribadah secara berlebihan. Apalagi ibadah-ibadah yang dilaksanakan di luar ruangan yang langsung terkena paparan matahari yang terik.

"Kita minta petugas untuk mengedukasi jamaah untuk tidak memaksakan diri dalam beribadah. Berikan pengertian yang baik kepada jamaah karena puncak haji masih lama dan masa armuzna itu memerlukan fisik yang sehat dan kuat. Kami mengimbau agar jamaah tetap menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah secara penuh agar tidak jatuh sakit," capaknya lagi

Mengingat cuaca yang begitu panas jika dibandingkan dengan cuaca di tanah air, pihaknya mengimbau kepada seluruh JCH Riau agar memperbanyak minum air putih atau air zamzam untuk menghindari dehidrasi.

"Kemudian aktif menggunakan semprotan air untuk menghindari kekeringan pada wajah dengan suhu yang cukup terik tersebut dengan alat kesehatan yang sudah diberikan kepada jamaah saat berada di EHA Provinsi Riau," katanya.

Selain itu, jamaah juga diimbau untuk banyak makan buah-buahan, minum vitamin dan istirahat yangg cukup agar tidak kelelahan dan dapat menjalankan ibadah sunnah lainnya. Selain itu, kondisi fisik yang fit dibutuhkan JCH agar dapat mengikuti rangkaian pucak ibadah haji.

Hingga saat ini sudah ada 10 Kloter Jamaah Haji Riau yang sudah berada di Kota Makkah, yakni kloter 2 Batam (BTH) sampai Kloter 11 BTH. Sedangkan JCH Riau yang tegabung dalam Kloter 12 BTH saat ini dalam perjalanan menuju ke Makkah. Sisanya, 4 Kloter lagi,  yakni kloter 13 BTH sampai kloter 16 BTH saat ini masih berada di Madinah.

Berita Lainnya

Index