Tak Seperti Indonesia, Lima Negara Ini Tak Pernah Rayakan Hari Kemerdekaan

Tak Seperti Indonesia, Lima Negara Ini Tak Pernah Rayakan Hari Kemerdekaan
Denmark/Foto: pexels.com/Rene Asmussen

CELOTEHRIAU - Hari Kemerdekaan adalah hari di mana setiap warga di suatu negara mengenang perjuangan para pahlawan untuk membebaskan negara dari penjajahan. Hari istimewa ini biasanya dirayakan setiap satu tahun sekali dengan hari yang tentunya berbeda-beda, tergantung kapan negara tersebut meraih kemerdekaannya. Misalnya, Indonesia yang selalu memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. 

Namun, ternyata tidak semua negara merayakan Hari Kemerdekaan ini, lho Beauties. Alasannya adalah negara tersebut tidak pernah dijajah.

Lantas, negara mana sajakah yang tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan ini? Keep scrolling, Beauties.

Thailand

Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing mana pun. Hal ini membuat negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan. 

Lalu, mengapa Thailand tidak pernah dijajah? Hal ini dikarenakan, Thailand dikenal sebagai pemisah antara negara yang dijajah oleh Prancis dan Inggris. 

Seperti yang diketahui, mulai dari Myanmar hingga Malaysia dijajah oleh Inggris, sedangkan Vietnam, Laos, dan Kamboja dijajah oleh Prancis. Thailand berada di tengah-tengah negara yang dijajah tersebut. 

Selain itu, Thailand juga memiliki tanah yang tak se-subur negara Asia Tenggara lainnya dan minim hasil bumi. Hal ini yang membuat Thailand tidak dijajah oleh bangsa asing.

Negara yang tidak memiliki Hari Kemerdekaan berikutnya adalah Nepal. Hal ini dikarenakan, negara yang terletak di pegunungan Himalaya ini tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Bahkan, Nepal menjadi salah satu negara tertua di Asia Selatan yang tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan dalam bentuk apapun..

Nepal

Nepal,gara yang tidak memiliki Hari Kemerdekaan berikutnya adalah Nepal. Hal ini dikarenakan, negara yang terletak di pegunungan Himalaya ini tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Bahkan, Nepal menjadi salah satu negara tertua di Asia Selatan yang tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan dalam bentuk apapun. liki Hari Kemerdekaan berikutnya adalah Nepal. Hal ini dikarenakan, negara yang terletak di pegunungan Himalaya ini tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Bahkan, Nepal menjadi salah satu negara tertua di Asia Selatan yang tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan dalam bentuk apapun. 

China

China tidak memiliki hari kemerdekaan/Foto: pexels.com/Ilia Rusen

China juga termasuk negara yang tidak pernah sepenuhnya dijajah. Negara yang dijuluki Negeri Tirai Bambu ini diperintah oleh raja. 

Pemimpin Komunis China, Mao Zedong mendeklarasikan pembentukan Republik Rakyat China (RRC) setelah revolusi 1949. China merayakan momen tersebut sebagai Hari Nasional, bukan Hari Kemerdekaan.

Kanada

Terakhir ada Kanada yang juga tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan. Namun, warga Kanada selalu merayakan ulang tahun Konfederasi setiap 1 Juli. Perayaan ulang tahun ini juga sebagai penanda atas peringatan BNA (British North America) Act yang ditandatangani pada 1867. 

Selain Thailand, warga Denmark juga tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan karena negara tersebut tidak pernah dijajah. Meskipun begitu, orang-orang di Denmark merayakan Hari Konstitusi yang jatuh setiap tanggal 5 Juni sebagai tanda konstitusi mulai berkuasa di negara tersebut. 

Perlu diketahui bahwa sejarah Denmark penuh dengan ekspedisi Viking dan ekspansi di seluruh dunia. Hal ini membuat tidak pernah adanya upaya besar dari bangsa asing untuk merebut Denmark. 

Berita Lainnya

Index