Pembukaan Porwil XI Sumatera 2023

Meriah ! Ada Tri Suaka dan 400 Penari Bawakan Tarian Kolosal

Meriah ! Ada Tri Suaka dan 400 Penari Bawakan  Tarian Kolosal
Jhoni Irwan Ketua PB Porwil XI Sumatera 2023

PEKANBARU, celotehriau.com  -Opening Ceremony  Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI akan digelar di Halaman Kantor Gubernur Riau, pada Sabtu (4/11/2023) malam bakal heboh dan meriah.

Kenapa? Pada ajang pesta olahraga multi Iven se Sumatera XI  dengan tagline " Berani Juara " ini dijadwalkan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo akan ada tarian kolosal yang menghadirkan  400 penari yang membawakan tarian kolosal dan seniman Jogjakarta yang lagi viral dan idola kawula muda, Tri Suaka.

Selain itu juga ada band lokal, marching band dari Satpol PP Rokan Hulu dan penampilan dari SMA 1 Rokan Hilir.

Pembukaan itu akan turut dihadiri oleh Ketua KONI Pusat Marciano Norman, serta Seluruh Gubernur se-Sumatera, termasuk Gubernur Aceh dan Sumatera Utara.

Ketua PB Porwil Jhoni Irwan mengatakan, bahwa untuk pembukaan Porwil diagendakan akan dibuka oleh Menpora RI. Namun, terkait kepastian apakah Menpora tersebut hadir atau tidaknya belum bisa dipastikan.

"Kita agendakan menpora hadir. Kita belum tahu apakah beliau bersedia atau tidak. Tapi kami berharap beliau bisa membuka," ujar Jhoni, saat Konferensi Pers di Media Center Porwil Sumatera XI, Pustaka Wilayah Riau, Jumat (3/11/2023).

Dalam pembukaan nanti kata Jhoni, selain acara formal seperti defile kontingen, upacara menaikan bendera Porwil, dan beberapa kegiatan lain, juga ada hiburan.

"Hiburan kita datangkan artis dari Yogyakarta Tri Suaka dan artis band lokal," katanya.

Ia menambahkan, pada pembukaan nanti juga diramaikan oleh stand UMKM di sekitar Kantor Gubernur Riau. UMKM ini dibuka selama perhelatan Porwil Sumatera XI berlangsung.

"Sejumlah ruas jalan akan dilakukan rekayasa lalu lintas selama porwil dan juga ada kegiatan UMKM di sejumlah ruas jalan. Rekayasa ini dilakukan untuk menghindari macet," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PB Porwil Bidang Pertandingan Khairul Fahmi mengatakan, secara keseluruhan persiapan pertandingan Porwil sudah ready 100 persen. Baik kesiapan venue maupun kelengkapan peralatan pertandingan lainnya.

"Kesiapan venue sudah ready, seluruh venue sudah ready untuk pertandingan. Kemudian pada tanggal 5 November secara serentak cabor porwil mulai dipertandingkan. Ada cabor yang mulai pagi dan ada yang siang," ujar Fahmi.

Untuk cabor sepakbola kata Fahmi, akan dilaksanakan di dua stadion yakni Stadion Utama Riau dan Stadion Kaharuddin Nasution. Khusus tanggal 5-6 November, sepakbola akan dipertandingkan di Stadion Utama Riau.

Pasalnya, Stadion Kaharuddin Nasution akan dipakai PSPS Riau untuk bertanding pada putaran dua Pegadaian Liga 2 Indonesia.

"Sementara untuk partai final cabor sepakbola, akan dilaksanakan di Stadion Kaharuddin Nasution, karena kondisii lapangan lebih baik dibanding Stadion Utama Riau," katanya.

Selain sepakbola, khusus untuk cabor atletik akan diikuti oleh 26 provinsi se-Sumatera. Pasalnya, provinsi diluar Sumatera harus mengikuti Pra PON sebagai syarat lolos PON.

Ada sekitar 300 atlet atletik dari 26 provinsi yang akan bertanding di Porwil nanti. Meski diikuti oleh provinsi yang bukan peserta Porwil, akan tetapi hitungan medali hanya dihitung untuk provinsi peserta Porwil.

"Contohnya seperti Jakarta juara 1, kemudian Papua juara 2 dan Jawa Barat juara 3, itu kan bukan peserta porwil. Jadi medali yang diambil itu provinsi yang teratas peserta porwil. Kalau Riau di posisi keempat, berarti Riau yang medali emasnya, kemudian ada provinsi Sumbar di setelah itu, berarti dia yang mendapat medali peraknya," jelasnya.(adv)

#riau

Index

Berita Lainnya

Index