Inilah 5 Negara yang Tak Memiliki Bandara

Inilah 5 Negara yang Tak Memiliki Bandara
Ilustrasi pesawat parkir di bandara. REUTERS

CELOTEHRIAU - Bandara merupakan tempat mendarat dan lepas landas pesawat. Pesawat menjadi salah satu pilihan untuk menempuh perjalanan jarak jauh, terutama perjalanan antarnegara. Meski begitu, tak semua negara memiliki bandara.

Dilansir dari Geography Realm, faktor yang membuat suatu negara tak memiliki bandara di antaranya faktor geografis dan ekonomi. Berikut adalah lima negara yang tak memiliki bandara.

1. Andorra

Terkurung daratan di antara Spanyol dan Prancis, Andorra adalah negara terbesar dalam daftar negara yang tidak memiliki bandara. Andorra memiliki luas sekitar 468 kilometer persegi (181 mil persegi) dan memiliki populasi 85.000 jiwa pada tahun 2012.

Bandara utama terdekat adalah Barcelona-El Prat di Spanyol dan Toulouse di Prancis. Bandara di Toulouse dan Barcelona berjarak tiga jam berkendara dari Andorra.

2. Liechtenstein

Liechtenstein adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di antara Swiss dan Austria. Luas wilayah geografisnya 160 kilometer persegi (62 mil persegi), dan diperkirakan memiliki populasi 35.000 jiwa.

Bandara terdekat dari Lichtenstein adalah Bandara Zurich di Swiss yang berjarak 130 kilometer (80 mil). Bandara umum terdekat adalah Bandara St Gallen, juga di Swiss, yang berjarak 50 kilometer (30 mil).

3. Monako

Monako adalah sebuah negara kota yang terletak di French Riviera. Berbatasan di tiga sisi dengan Prancis dan di satu sisi dengan laut Mediterania.

Monako adalah negara terkecil kedua di dunia dengan wilayah geografis hanya 2,02 kilometer (0,78 mil persegi), dan populasi 36.371 jiwa. Bandara terdekat ke Monako adalah Bandara Côte d'Azur di Nice, Prancis.

4. San Marina

San Marino adalah negara mikro yang terkurung daratan dan dikelilingi oleh Italia di semua sisinya. Luas wilayah San Marino sekitar 61 kilometer persegi (24 mil persegi) dan diperkirakan memiliki populasi lebih dari 30.000 jiwa.

Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini, Italia.

5. Vatikan

Negara terkecil di dunia adalah Kota Vatikan, sebuah negara kota dengan luas wilayah geografis hanya 44 hektar, dan populasi sekitar 840 orang. Dikelilingi oleh ibu kota Roma, Italia, Kota Vatikan tidak memiliki bandara atau jalan raya.

Berita Lainnya

Index