Ini Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Perjalanan Pada Mudik Lebaran

Selasa, 04 Juni 2019 - 13:15:25 WIB Cetak

CELOTEHRIAU.COM- Pada saat mudik seperti sekarang, perjalanan bakal terasa tak nyaman jika kamu mengalami mabuk ketika di jalan. Terjadinya mabuk perjalanan ini bisa dipicu karena beberapa hal seperti gen, bawaan seseorang, atau faktor hormon.

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan ini. Paling baik adalah dengan melakukan adaptasi agar masalah ini tak muncul.

"Salah satu penangan terhadap mabuk darat ini adalah dengan melakukan adaptasi," jelas Catherine Webb, psikolog di US Army Aeromedical Research Laboratory, dilansir dari Medical Daily.

Webb juga menyebut bahwa sebanyak 95 persen orang bakal mampu beradaptasi dengan pergerakan di kendaraan ini. Hal ini bisa coba dilakukan dengan mengendarai kendaraan tertentu yang disukai dalam batas waktu yang masih bisa diterima tubuh.

Selanjutnya kamu bisa meningkatkan waktu tempuh secara bertahap hingga tidak muncul rasa mual. Disarankan untuk melakukan hal ini setiap hari tanpa jeda agar efek yang muncul bisa optimal.

Selain cara tersebut, beberapa hal ini juga bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya mabuk selama perjalanan:

- Hindari makanan pedas, makanan berat, alkohol, kafein, dan makanan dengan bau yang tajam. Namu juga jangan melewatkan makan sebelum bepergian.
- Jangan membelakangi arah kendaraan. Sebisa mungkin duduk pada posisi depan di samping supir. Jika naik pesawat, pilihlah kursi yang dekat dengan sayap. Jika naik kapal, duduk di sebelah tengah untuk meminimalisasi pergerakan yang terjadi.
- Jangan bermain smartphone.
- Lihat ke titik atau pemandangan yang terletak jauh dari kendaraan.
- Jauhi orang yang tengah mabuk perjalanan agar kamu tidak ikut-ikutan.
- Genggam potongan jahe atau mint.

Cara Mengatasi Mabuk

Jika sudah terlambat dan kamu terlanjur mual, Dr. Edwin Chng, Medical Director dari Parkway Shenton, Singapura menyebut bahwa gejala ini biasanya bakal mereda setelah 36 hingga 72 jam. Sebelum itu, berikut hal yang bisa kamu lakukan:

- Kulum irisan jahe atau mint.
- Sesap minuman bersoda yang ringan seperti ginger ale.
- Jika memungkinkan, buka jendela dan biarkan udara sejuk masuk.
- Jika bisa, berdiri dan lihatlah cakrawala. Duduk atau rebahan bakal membuat kamu merasa gejalamu lebih buruk. Jika kamu berada di mobil dan tak dapat berdiri, rebahkan kepalamu di headrest untuk meminimalisasi pergerakan kepala.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu terapkan agar perjalanan mudikmu pada lebaran kali ini tanpa kendala. Dengan perjalanan yang nyaman, maka kamu bisa sampai di tujuan dengan kondisi tubuh tetap fit.

 

 



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+