PORWIL XI SUMATERA

Renang Juara Umum, Riau Segel Hattrick Jawara Sumatera

Renang Juara Umum, Riau Segel  Hattrick  Jawara Sumatera

PEKANBARU, celotehriau.com --: Renang Riau berhasil menututup hari terakhir pertandingan cabang renang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera dengan hasil prestisius, dengan tambahan 5 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Dengan hasil tersebut, dari cabang olahraga air ini Riau total  mengoleksi 37 keping medali yang terdiri dari 23 emas, 5 perak dan 9 perunggu.

Hasil ini pun memperkokoh posisi Riau di klasemen sementara perolehan medali Porwil Sumatra XI. Hingga hari kelima pelaksanaan pertandingan Porwil Sumatera XI Kamis ( 9/11/2023) malam, Riau telah mengumpulkan 36 medali emas, 16 perak dan 32 perunggu. Torehan ini menyegel tiket hattrick gelar jawara Sumatera di pesta multi iven Pekan Olahraga Wilayah  (Porwil ) XI Sumatera 2023.

“Alhamduliilah Renang mampu melampaui target dari komitmen awal 11 emas, ternyata hasilnya bisa melebihi bahkan dua kali lipatnya. Sampai 23 emas malah dapatnya. Tentu kita beri apresiasi terhadab cabor Renang,” sebut Waka III KONI Riau Khairul Fahmi yang menyaksikan langsung pejuangan perenang Riau di partai final Porwil Sumatra XI, Kamis ( 9/11/2023) sore.

Fahmi menjaskan, selain renang yang melebihi target juga ada 2 cabang baru yang mencapai target di porwil ini. Yakni cabang barongsai serta bola tangan. “Selain cabang renag ada cabor lain juga yang mencapai target, seperti barongsai, serta tadi ada cabang bola tangan selesai dan Riau juara umum juga dengan 1 emas serta 1 perunggu. Menurut saya itu juga sangatmebanggakan bagi Riau. Cabang-cabang ini harus terus di kembangkan,” terangnya.

Ia menilai masih ada peluang di cabang lainnya yang masih melangsungkan pertandingan di Porwil Sumatera XI ini. Diantarannya cabang catur, sepakbola dan sepak takraw.
“Saya fikir masih ada peluang yang cukup menjanjikan bagi Riau terutama di sepak takraw putri dan  putra kita masih punya peluang. Kita juga masih menunggu perkebangan catur yang belum mendapatkan emas. Berharap di sisa 6 emas lagi bisa mencuri emas,” harapnya

Sementara Ketua Harian Aquatic Indonesia (AI) Riau, Deni Ermanto mengaku bangga atas torehan perenag Riau. Berharap capaian ini dapat terus di tingkatkan terutama menhadapi PON 2024. 
Tentunya kita bangga dengan prestasi yang diraih anak-anak. Walaupun kita tidak harus berbesar hati karena prestasi akan di raih apabila ada kontinitas dalam berlatih, konsisten, serta dukungan semua pihak. Secara keseluruhan kira sangat bangga dan berharap capaian ini bisa terus ditingkatkan di PON 2024.  (adv)

Hasil Perolehan medali Renang
1.    Riau                                      23 emas       5 perak     9 perunggu
2.    Sumatra Barat                        4 emas     11 perak     3 perunggu
3.    Kepualuan Riau                     4 emas       4 perak     3 perunggu
4.    Kepulauan Bangka Belitung    3 emas    5 perak     10 perunggu
5.    Lampung                                  3 emas    5 perak       3 prunggu
6.    Jambi                                        1 emas    2 perak       3 perunggu
7.    Sumatra Selatan                                       5 perak       6 perunggu
8.    Bengkulu                                                  1 perak       1 perunggu

#Sport

Index

Berita Lainnya

Index