80 Persen Terowongan Gaza yang Dikuasai Hamas Masih Utuh

80 Persen Terowongan Gaza yang Dikuasai Hamas Masih Utuh

GAZA - Setelah 114 hari perang di Gaza, The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan sebanyak 80 persen sistem terowongan Hamas di bawah Gaza masih tetap utuh. Itu menunjukkan kemenangan bagi Hamas dan kekalahan bagi tentara Israel.

Laporan tersebut mengutip para pejabat Israel dan AS, dan mencatat bahwa sulit untuk menilai berapa banyak labirin bawah tanah yang telah dihancurkan oleh pasukan Israel sejauh ini.

Sejak melancarkan serangan darat setelah pembantaian tanggal 7 Oktober, di mana pejuang pimpinan Hamas membunuh sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 orang, pasukan Israel telah berupaya untuk menghancurkan terowongan-terowongan tersebut, sehingga mengungkap lebih banyak lagi aktivitas bawah tanah organisasi teror yang berkuasa di Gaza.

Beberapa terowongan telah dibom, sementara yang lain terendam banjir. Namun, kemajuannya lambat karena jalur bawah tanah harus dipetakan dan diperiksa apakah ada jebakan dan sandera sebelum pasukan Israel dapat menghancurkannya.

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dan komandan teror lainnya diyakini bersembunyi di bawah tanah. Journal mengutip pejabat Israel yang mengatakan bahwa pemimpin teror Gaza diyakini berada di pusat komando di sebuah terowongan di bawah Khan Younis, bersama dengan beberapa sandera.

Awal bulan ini dilaporkan bahwa para pejabat senior pertahanan Israel kini menilai bahwa jaringan terowongan Gaza milik Hamas memiliki panjang antara 350 dan 450 mil, jauh lebih panjang dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Strategi Hamas berkisar pada terowongan – ini adalah pusat gravitasi mereka. Mereka membutuhkan terowongan untuk menyamakan kedudukan di medan perang dengan IDF,” kata Mick Mulroy, mantan wakil asisten menteri pertahanan dan perwira di Korps Marinir dan Badan Intelijen Pusat (CIA) mengatakan kepada WSJ.

“Terowongan tersebut adalah tempat yang direncanakan Hamas [sebelum 7 Oktober] untuk menunggu kemauan politik Israel ketika Israel menghadapi tekanan untuk melakukan gencatan senjata.”

Perkiraan yang dilaporkan oleh The New York Times jauh lebih tinggi dibandingkan perkiraan Pasukan Pertahanan Israel bulan lalu yang menyatakan bahwa terdapat sekitar 250 mil terowongan Hamas di bawah Jalur Gaza, dan angka yang mencengangkan mengingat luas total wilayah kantong tersebut hanya sekitar 140 mil persegi.

Melansir Al Jazeera, ketika perang di Gaza mendekati akhir bulan keempat, militer Israel telah berhasil merusak atau membuat sekitar 20-40 persen jaringan bawah tanah yang luas tidak dapat dioperasikan.

Para pejabat AS dilaporkan mengatakan Israel memerlukan lebih banyak pasukan untuk membersihkan sisa terowongan, yang juga menahan para pemimpin Hamas dan tawanannya.

Berita Lainnya

Index