Warga Palestina Makan Rumput dan Minum Air yang Tercemar saat Kelaparan Melanda Gaza

Warga Palestina Makan Rumput dan Minum Air yang Tercemar saat Kelaparan Melanda Gaza

GAZA – Kehidupan warga Gazadi Palestina kian hari semakin sulit dan menyedihkan akibat Israel terus membombardir wilayah itu. Mereka susah mendapatkan makanan dan air yang layak untuk dikonsumsi diri sendiri dan keluarganya.

Hanadi Gamal Saed El Jamara, 38, mengatakan hanya tidur yang bisa mengalihkan perhatian anak-anaknya dari rasa lapar yang menggerogoti perut mereka.

Saat ini, ibu tujuh anak ini mendapati dirinya mengemis di jalanan Rafah yang berlumpur, di selatan Gaza.

Dia mencoba memberi makan anak-anaknya setidaknya sekali sehari, sambil merawat suaminya, seorang pasien kanker dan diabetes.

“Sekarang mereka lemah, selalu diare, wajah mereka kuning,” terang El Jamara, yang keluarganya mengungsi dari Gaza utara, kepada CNN.

“Putri saya yang berusia 17 tahun memberi tahu saya bahwa dia merasa pusing, suami saya tidak makan,” lanjutnya.

“Kami sekarat perlahan-lahan,” ujarnya.

“Saya pikir lebih baik mati karena bom, setidaknya kita akan menjadi martir. Tapi sekarang kami sekarat karena kelaparan dan kehausan,” tambahnya.

Ketika Gaza semakin menuju ke arah kelaparan skala besar, warga sipil dan petugas kesehatan yang menjadi pengungsi mengatakan kepada CNN bahwa mereka kelaparan agar anak-anak mereka dapat makan apa yang tersedia. Jika warga Palestina menemukan air, kemungkinan besar air tersebut tidak dapat diminum. Ketika truk-truk bantuan mulai berdatangan ke wilayah tersebut, orang-orang saling berhamburan untuk mengambil bantuan.

Anak-anak yang hidup di jalanan, setelah terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat pemboman Israel, menangis dan berebut roti basi. Yang lainnya dilaporkan berjalan berjam-jam dalam cuaca dingin untuk mencari makanan, sehingga berisiko terkena serangan Israel.

Arif Husain, kepala ekonom di Program Pangan Dunia (WFP), mengatakan kepada CNN, bahkan sebelum perang, dua dari tiga orang di Gaza bergantung pada bantuan pangan. Warga Palestina diketahui telah menjalani 17 tahun blokade parsial yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir.

Menurut Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan dan Gizi Terpadu (IPC), yang menilai kerawanan pangan global dan malnutrisi, pengeboman dan pengepungan Israel sejak 7 Oktober telah secara drastis mengurangi pasokan penting di Gaza, menyebabkan seluruh penduduk yang berjumlah sekitar 2,2 juta jiwa terkena kerawanan pangan akut tingkat tinggi atau lebih buruk lagi.

Martin Griffiths, kepala bantuan darurat PBB, mengatakan kepada CNN bahwa sebagian besar dari 400.000 warga Gaza yang menurut badan-badan PBB berisiko kelaparan sebenarnya sudah mengalami kelaparan. Pakar hak asasi manusia PBB telah memperingatkan Israel menghancurkan sistem pangan Gaza dan menggunakan makanan sebagai senjata untuk melawan rakyat Palestina.

Selama lebih dari 100 hari, warga Palestina di Gaza telah menyaksikan pengungsian massal, lingkungan sekitar menjadi abu dan puing-puing, seluruh keluarga musnah akibat perang, meningkatnya penyakit mematikan, dan sistem medis hancur akibat pemboman. Kini kelaparan dan dehidrasi menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup mereka.

Serangan Israel di Gaza sejak serangan Hamas 7 Oktober telah menewaskan sedikitnya 26.637 orang dan melukai 65.387 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas.

Mohammed Hamouda, seorang ahli terapi fisik yang mengungsi ke Rafah, mengenang hari ketika rekannya, Odeh Al-Haw, terbunuh saat berusaha mendapatkan air untuk keluarganya.

Hamouda menceritakan Al-Haw sedang mengantri di sebuah stasiun air di kamp pengungsi Jabalya, di Gaza utara, ketika dia dan puluhan orang lainnya terkena pemboman Israel.

“Sayangnya, banyak kerabat dan teman yang masih berada di Jalur Gaza utara, sangat menderita,” kata Hamouda, ayah tiga anak, kepada CNN. “Mereka makan rumput dan minum air yang tercemar,” lanjutnya.

Blokade Israel dan pembatasan pengiriman bantuan menyebabkan persediaan bantuan sangat rendah, menaikkan harga dan membuat makanan tidak dapat diakses oleh orang-orang di seluruh Gaza. Menurut PBB, kekurangan pasokan bahkan lebih buruk terjadi di bagian utara Jalur Gaza, tempat Israel memusatkan serangan militernya pada hari-hari awal perang. Pemadaman komunikasi menghambat upaya untuk melaporkan kelaparan dan dehidrasi di wilayah tersebut.

“Orang-orang menyembelih seekor keledai untuk dimakan dagingnya,” kata Hamouda, yang mengutip dari teman-temannya di Jabalya awal bulan ini ketika kekurangan pasokan semakin parah.

Hal ini bisa menjadi pukulan serius bagi upaya kemanusiaan, beberapa negara Barat telah menangguhkan pendanaan untuk badan utama PBB di Gaza, Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) dalam beberapa hari terakhir karena tuduhan ledakan yang dilakukan Israel. bahwa beberapa stafnya ikut serta dalam serangan 7 Oktober. PBB memecat beberapa karyawan setelah tuduhan tersebut.

Berita Lainnya

Index