Eropa Bersiap Hadapi Perang Dunia III

Eropa Bersiap Hadapi Perang Dunia III

LONDON - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan menetapkan rencana untuk meningkatkan dan menambah jumlah ahli dan teknisi nuklir. Itu seiring dengan produksi kapal kapal selam nuklir dan meningkatnya kebutuhan industri energi nuklir diperkirakan akan menciptakan 40.000 lapangan kerja baru pada tahun 2030.

Langkah Inggris tersebut tidak lepas dengan eskalasi ketegangan di Ukraina yang terus memanas. Selain itu, London juga sangat khawatir dengan provokasi yang dilakukan Moskow dengan kekuatan nuklir yang disegani dunia.

Apalagi, Inggris juga bersiap menghadapi Perang Dunia III. Sebagai solusinya, Pemerintah Inggris akan bermitra dengan perusahaan pertahanan BAE Systems, Rolls-Royce, dan Babcock, membuka tab baru plus raksasa energi EDF untuk berinvestasi lebih dari 763 juta pound (USD961 juta) pada akhir dekade ini dalam bidang keterampilan, pekerjaan dan pendidikan.

Pemerintah Inggris perlu memastikan terdapat cukup pekerja nuklir untuk membantu membangun dan memelihara armada kapal selamnya, yang penting bagi pertahanan dan keamanan karena kapal selam merupakan basis penangkal nuklir di laut yang berkelanjutan di Inggris.

“Menjaga masa depan industri pencegah nuklir dan energi nuklir adalah upaya nasional yang penting,” kata Sunak, saat mengunjungi Barrow-in-Furness di barat laut, tempat industri kapal selam nuklir Inggris bermarkas, dilansir Reuters.

“Hari ini kita melahirkan generasi berikutnya dari perusahaan nuklir kita, yang akan menjaga kita tetap aman, menjaga keamanan energi kita, dan menjaga tagihan kita tetap rendah selamanya.” ujarnya.

Industri kapal selam nuklir Inggris akan berkembang di tahun-tahun mendatang seiring dengan dibangunnya kapal-kapal baru untuk Inggris, dan juga Australia berdasarkan pakta keamanan AUKUS.

Rincian lebih lanjut tentang bagaimana Inggris akan memberikan kemampuan yang diperlukan untuk mempertahankan pencegahan nuklirnya akan dipublikasikan oleh Menteri Pertahanan Grant Shapps pada hari Senin di “Makalah Komando Perusahaan Nuklir Pertahanan”, kata kantor Sunak.

Sebagai bagian dari rencana untuk meningkatkan tenaga kerja nuklir, Pemerintah Inggris mengatakan akan menginvestasikan 200 juta pound di Barrow selama dekade berikutnya untuk membantu mendukung masyarakat mendapatkan pekerjaan, meningkatkan infrastruktur transportasi di wilayah tersebut dan membangun lebih banyak rumah.

Berita Lainnya

Index