Ngeri, Pilot Mabuk Terbangkan Pesawat dari Thailand ke India

Ngeri, Pilot Mabuk Terbangkan Pesawat dari Thailand ke India

NEW DELHI - Penumpang penerbangan Air India mendapatkan kejutan tidak mengenakkan. Pesawat yang mereka tumpangi diterbangkan oleh pilot yang mabuk.

Dilansir dari Times of India pada Sabtu (30/3/2024), penerbangan itu take off dari Phuket menuju Delhi. Pilot itu kedapatan mabuk saat melakukan tes alkohol di pintu kedatangan.

Tata group airlines, induk maskapai Air India langsung melakukan penyelidikan akan kasus ini. Bisa saja pilot mabuk sebelum penerbangan atau mabuk di atas pesawat.

"Kami tidak menoleransi kejadian ini dan akan memberikan tindakan pendisiplinan, bukan hanya bebas tugas tapi memasukkannya dalam file FIR sebagai tindakan kriminal karena mengoperasikan pesawat di bawah pengaruh alkohol," begitulah keterangan maskapai penerbangan.

Pilot itu sedang dalam training untuk menjadi kapten baru dalam penerbangan. Tes alkohol memang wajib dilakukan oleh awak kabin sebelum dan sesudah penerbangan.

Dalam enam bulan pertama pada tahun 2023, ada 33 pilot dan 97 awak kabin yang kedapatan mabuk saat tugas lewat tes alkohol. Jika gagal saat pertama kali tes alkohol, maka lisensi penerbangan akan ditahan selama 3 bulan.

Orang yang gagal tes alkohol sampai dua kali akan mendapat sanksi penahanan lisensi terbang sampai 3 tahun. Kalau gagal sampai tiga kali, lisensi akan dicabut.

Sebenarnya kasus pilot mabuk saat terbang bukan hal yang pertama kali. Sudah banyak pilot yang kedapatan mabuk sesaat sebelum penerbangan. Mereka biasanya mendapat sanksi dengan bebas tugas sementara waktu.

Berita Lainnya

Index