PUPR Siapkan Rp80 M Tuntaskan Jaringan Utama SPAM di Dumai dan Bengkalis

PUPR Siapkan Rp80 M Tuntaskan Jaringan Utama SPAM di Dumai dan Bengkalis
Ilustrasi

CELOTEHRIAU.COM- Jaringan pipa utama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis) ditargetkan tahun ini tuntas dibangun. Untuk menuntaskan proyek tersebut Pemprov Riau menyiapkan anggaran Rp80 miliar.

Dengan begitu, tahun depan penyediaan air bersih yang dipusatkan di Pasir Putih Tanjung Melawan, Rokan Hilir (Rohil) itu bisa dioperasikan untuk melayani tiga daerah tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto saat dikonfirmasi progres pembangunan jaringan pipa induk yang merupakan kewenangan provinsi dan kementerian berjanji akan menuntaskan pembangunannya tahun ini.

Dimana sesuai kesepakatan MoU awal, kata Dadang, pembangunan jangan pipa SPAM Durolis merupakan sharing budget APBN, APBD Provinisi Riau dan kabupaten/kota.

"Untuk jaringan induk sharing budget antara APBD provinsi dan APBN. Sedangkan untuk jaringan pipa ke rumah merupakan kewenangan kabupaten/kota masing-masing," katanya.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, saat ini pembangunan jaringan pipa di Kabupaten Rohil sudah selesai melayani 1.800 Kepala Keluarga (KK).

"Kalau yang Dumai jaringan utamanya belum tersambung, masih kita kerjakan tahun ini. Begitu juga yang di Bengkalis," cakapnya.

Disinggung soal anggaran untuk pembangunan jaringan di Dumai dan Bengkalis, Dadang mengatakan tahun ini dianggarkan Rp80 miliar untuk melanjutkan jaringan utama di dua daerah tersebut.

"Tahun ini kita siapkan anggaran Rp80 miliar, itu dari APBD provinsi menyambung jaringan utama di dua daerah itu," tutupnya.

Untuk diketahui, pembangunan pengolahan SPAM Durolis saat ini sudah selesai. Hanya saja penyediaan air bersih belum bisa dioperasikan karena jaringan pipa air belum selesai dibangun.

#riau

Index

Berita Lainnya

Index