Audiensi PWI, Wakil Presiden Universitas Gangneung Yeongdong Harapkan Kerjasama Pendidikan dengan Indonesia

Audiensi PWI, Wakil Presiden Universitas Gangneung Yeongdong Harapkan Kerjasama Pendidikan dengan Indonesia

GANGNEUNG, KORSEL- Wakil President urusan luar negeri  Universitas Gangneung Yeongdong Park Yong Seng berharap adanya kerjasama yang baik di bidang pendidikan dengan Indonesia. Hal tersebut diubgkapkannya menyusul belum adanya mahasiswa Indonesia yang berkuliah di kampus Gangneung Yeongdong.

"Kami berharap Anda menikmati kunjungan dan perjalanan selama di Gangneung, dan semoga nantinya akan ada kerjasama  yang baik dengan Indonesia,”ujar Park Yong Seng saat menerima audiensi utusan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia ?PWI?Pusat di aula rektorat universitas setempat, Senin ?25/06/2024). 

Park Yong Seng juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan pengurus PWI ke universitas mereka.

Park Yong Seng menjelaskan bahwa Universitas Gangneung Yeongdong merupakan universitas bersejarah yang berdiri sejak tahun 1963 dengan awal hanya membuka jurusan keperawatan. Saat ini jurusan pendidikan sudah semakin banyak dan mereka sekarang lagi mengembangkan jurusan pariwisata.

“Kami sedang mengembangkan jurusan pariwisata dan mendatangkan mahasiswa dari Vietnam,”katanya.

Wakil Presiden Universitas Gangneung Yeongdong  Beliau bernama Jeong Ae-ran Pak menambahkan jika saat ini dari 700 mahasiswa asing yang berkuliah di universitasnya,90 persen di antaranya memang berasal dari Vietnam. Karena itu, mereka berharap ada penambahan minat berkuliah di kampus mereka dari negara lainnya, termasuk Indonesia. 

“Dan untuk berkuliah di sini mahasiswa asing baru harus mengikuti mata kuliah Bahasa Korea terlebih dahulu selama  dua tahun baru nanti mereka bisa mengikuti perkuliahan lainnya yang  kata pengantar kuliahnya berbahasa Korea,” katanya.

Sementara Agus Sudibyo, ketua rombongan utusan PWI yang sekaligus Ketua Dewan Pakar PWI mengaku bersyukur pihaknya bisa berkunjung ke Universitas Gangneung Yeongdong dan ia jug berharap nantinya ada warga Indonesia yang bisa berkuliah di kampus tersebut.

“Kami bersyukur bisa bertemu dengan pihak universitas, apalagi kami tau Universitas Gangneung Yeongdong merupakan universitas yang sangat maju di Asia Pasifik terutama jurusan tekniknya.”
Karena itu, kata Agus, ia berharap akan ada warga Indonesia yang berkuliah di universitas tersebut, terutama dari jalur bea siswa.  

“Tadi Bapak menyebutkan banyak mahasiswa asing dari Vietnam yang berkuliah di sini, mudah-mudahan nanti akan ada mahasiswa dari Indonesia juga. Kami berharap ada peluang bagi putra putri Indonesia untuk mendapatkan beasiswa,”katanya.

Agus juga memperkenalkan 11 utusan PWI yang datang merupakan para wartawan senior yang berasal dari berbagai daerah. “Semoga nanti kerjasama yang terjalin akan semakin konkrit,”kata Agus.

Dalam kunjungan tersebut, para pengurus PWI diajak untuk meninjau teknologi yang dimiliki dan diterapkan di kampus mereka. Di Gedung Divisi Ilmu Fisika, mereka menunjukkan ilmu dan teknologi yang diterapkan khususnya di Departemen Perkembangan dan Seni Menunggang Kuda. 

Sementara di Divisi Ilmu Kesehatan, mereka mengajak para pengurus PWI untuk melihat  teknologi terapi pengobatan orang cacat di Departemen 
Terapi Fisik? dan di Divisi Seni dan Olahraga mereka mengajak meninjau 
teknologi akurasi pengukuran permainan golf. ?***?

Berita Lainnya

Index