Sejarah, Pertama Kalinya Upacara Pembukaan Olimpiade Digelar di Luar Stadion

Sejarah, Pertama Kalinya Upacara Pembukaan Olimpiade Digelar di Luar Stadion

PARIS - Ada yang menarik dalam upacara pembukaan Olimpiade 2024 Paris yang menjadi agenda penting dalam rangkaian pesta olahraga terbesar dunia ini. Acara pembukaan digelar pada Jumat (26/7/2024) pukul 19.30 waktu setempat atau Sabtu (27/7/2024) pukul 00.30 WIB.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, acara pembukaan berlangsung di tengah kota, Jardins du Trocadero, Sungai Seine, kemudian penyalaan obor dilakukan di seberang Menara Eiffel.

Ini artinya menjadi kali pertama upacara pembukaan olimpiade berlangsung di luar stadion (outdoor), karena biasanya selalu digelar di dalam ruangan. Identitas Sungai Seine sebagai ikon Paris menjadi alasan utama pemilihan lokasi.

"Untuk kali pertama dalam sejarah Olimpiade musim panas, upacara pembukaan tidak akan berlangsung di stadion. Olimpiade 2024 Paris akan menawarkan hal baru untuk membawa olahraga ke perkotaan dalam seremoni pembukaan yang akan bergulir di jantung utama kota: Sungai Seine," ujar pihak penyelenggara atau Panitia Lokal Olimpiade Paris 2024 (COJOP 2024).

Upacara pembukaan berupa pawai dengan perahu-perahu yang menampung atlet perwakilan kontingen yang berjumlah sekitar 10.500 orang. Pawai melintasi rute sepanjang 6 kilometer (km) di sungai tersebut. Rute parade dimulai dari Jembatan Austerlitz di samping Jardins du Trocadero dan melewati beberapa tempat bersejarah seperti Ile Saint Louis dan Ile de la Cite. Pawai finis di Trocadero dan perwakilan kontingen berkumpul di lokasi tersebut. 

Upacara pembukaan Olimpiade 2024 diklaim sebagai yang terbesar sepanjang sejarah, terutama tentang rapper asal AS Snoop Dogg yang menjadi salah satu pembawa obor. Upacara pembukaan sudah jadi bagian erat dari rangkaian pesta olahraga dunia sejak pertama kali digelar.

Presiden Olimpiade Paris 2024, Tony Estanguet mengaku telah mempersiapkan parade di Sungai Seine pada matahari terbenam. Pihaknya sangat senang dapat menyelenggarakan upacara pembukaan yang menggambarkan pertemuan antara olahraga dan kota dengan cara yang paling indah. 

"Dengan cahaya alami matahari terbenam, acara ini akan menjadi lebih agung, dengan dimensi yang benar-benar puitis," ujarnya.

Penyelenggara telah mempromosikan upacara tersebut sebagai upacara pembukaan paling spektakuler dan mudah diakses dalam sejarah Olimpiade. COJOP 2024 memperkirakan setengah juta orang hadir menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade.
 
“Acara ini gratis karena ini adalah Olimpiade untuk rakyat. Semua orang diharapkan datang untuk menjadi sejarah pembukaan Olimpiade terbesar dalam sejarah,” ujar Presiden COJOP 2024 Tony Estanguet.

Setelah berkeliling Sungai Seine, perahu akan tiba di seberang Menara Eiffel untuk menyalakan obor. Para atlet juga diberikan hiburan yang diatur oleh Thomas Jolly. Dia adalah direktur artistik upacara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Pertunjukkan disiapkan dalam skala besar oleh Pemerintah Prancis. Selain itu, aktris Celine Dion dan Lady Gaga tampil menjadi pembuka acara disusul pertunjukkan opera untuk menghibur para atlet.

Olimpiade Paris 2024 berlangsung mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 dengan menghadirkan 329 nomor pertandingan dari total 32 cabang olahraga (cabor).

Berita Lainnya

Index