Usai Kabut Asap, Riau Waspadai Hujan dan Angin Kencang

Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:17:39 WIB Cetak

Ilustrasi

 CELOTEHRIAU.COM-- Hujan terus terjadi di sebagian wilayah di Provinsi Riau. Intensitas hujan dengan tingkat sedang dan lebat disertai angin kencang patut diwaspadai masyarakat.

Prakiraan ini disampaikan langsung oleh analis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika, Pekanbaru Kamis 3 Oktober 2019, pukul 06.00 WIB.

Empat wilayah yang berpotensi hujan meliputi Kabupaten Siak, Rokan Hilir, Bengkalis dan Kuantan Singingi. Perubahan cuaca ini akan terjadi pada siang hingga malam hari.

Pagi hari diprediksi cerah berawan dan terdapat potensi penurunan visibility karena kekaburan udara akibat haze dan kabut. Potensi hujan dengan intensitas ringan juga masih terjadi sebagian Kota Pekanbaru, dan kabupaten Kampar.

Siang hingga sore hari cerah berawan. Namun, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di hampir sebagian besar wilayah Riau, tetapi tidak merata. Terutama, di wilayah Riau bagian Utara dan Pesisir Timur.

Malam hari dilaporkan cerah berawan, tetapi ada potensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Kampar, dan Rohul

Sementara itu, untuk dini hari diprediksi cerah berawan. Untuk sebagian wilayah  Kuansing, Kampar, sebagian Pelalawan, dan  Indragiri Hulu berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Suhu udara dilaporkan berkisar 22–33 derajat celcius dengan kelembapan udara 55-98 persen. Untuk angin bergerak dari Timur-Selatan antara 10-20 km/jam. Tinggi gelombang laut untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.5–1.25 meter.

Sedangkan untuk titik panas (Hotspot) update pukul 06.00 WIB di wilayah Sumatera, masih ditemukan di beberapa titik, namun persentasenya masih diatas 50 persen. Antara lain, di Provinsi Jambi 12 titik, Lampung 8 titik, Sumsel 27 titik, umatera Barat 1 titik dan Riau 2 titik meliputi kabupaten Bengkalis dan Kuansing.



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+