800 Ribu Kendaraan Roda Dua di Riau tak Bayar Pajak

800 Ribu Kendaraan Roda Dua di Riau tak Bayar Pajak
800 ribu kendaraan roda dua tak bayar pajak.(celotehriau.com/yudiwaldi)

CELOTEHRIAU.COM--Dari satu juta kendaraan  hampir 800 ribu kendaraan roda dua menunggak pembayaran pajak. Sementara sekitaran 20 persen adalah kendaraan roda empat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Indra Putrayana kepada wartawan,  Senin (7/10/2019)  mengatakan, banyak roda dua tak bayar karena secara komulatif lebih banyak dibandingkan jumlah kendaraan roda empat.

"Database kami jumlah kendaraan roda dua itu lebih banyak belum bayar pajak, ada sekitar 80 persen dari total 1 juta kendaraan yang belum bayar pajak," katanya.

Lebih lanjut Indra mengatakan alasan banyaknya kendaraan banyak tidak bayar pajak disebabkan beberapa faktor, pertama karena murahnya membeli kendaraan roda dua, dengan Down Payment (DP) atau uang muka Rp500 ribu.

"Dengan DP murah, masyarakat membayar angsuran satu tahun pertama mereka lancar, tapi setelah itu banyak menunggak dan ditarik leasing. Kalau sudah diambil leasing tentu pajak tak dibayar," paparnya.

"Kemungkinan lain karena motornya hilang dicuri, dan itu jumlah kendaraannya cukup banyak. Kemudian banyak juga kendaraan yang masuk kebun, dan ada sebagian masyarakat terlambat membayar pajak," pungkasnya. 

Ditambahkannya, secara keseluruhan saat ini terdapat 2,3 juta kendaraan roda dua dan roda empat yang tercatat berada di Riau dan Wajib Pajak.


 

#riau

Index

Berita Lainnya

Index